1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Informasi Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2016
Informasi Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2016

Informasi Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2016

Rating: 5.0 - out of 5stars
22 Januari 2016 1 Komentar
Penulis:

Jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2016 terdiri dari jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Jalur SNMPTN berdasarkan nilai rapor siswa dari semester satu hingga lima atau semester satu hingga tujuh bagi SMK empat tahun. Sedangkan jalur SBMPTN berdasarkan hasil ujian baik tertulis maupun keterampilan.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran SNMPTN dapat dilihat di https://ayokuliah.id/artikel/daftar-snmptn-2016/. Kemudian, biaya pendaftaran SNMPTN sepenuhnya ditangguh oleh pemerintah alias gratis. Sedangkan untuk biaya pendaftaran ujian SBMPTN ditanggung oleh peserta ujian, nilainya sebesar Rp 200 ribu dan dapat dibayarkan melalui bank Mandiri atau bank BNI.

Di tahun 2016, terdapat perbedaan dalam hal pelaksanaan SBMPTN. Jika di tahun sebelumnya, tes hanya melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan. Maka di tahun ini, ujian terdiri atas dua pilihan yaitu Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Tes ini dapat diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA sederajat lulusan 2014, 2015 dan 2016. Peserta dapat memilih antara tes PBT atau CBT. Jika peserta telah mengikuti ujian tertulis maka tidak perlu mengikuti ujian menggunakan komputer, begitu pula sebaliknya.

 

Baca juga: Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!

Selain tes tertulis, untuk peserta yang memilih program studi ilmu seni atau keolahragaan, diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan. Lantas mana yang akan kamu pilih? Namun, sebelum memilih, perhatikan terlebih dahulu persyaratan peserta ujian, sebagai berikut:

  1. Peserta merupakan lulusan SMA/SMK/MA sederajat lulusan tiga tahun terakhir
  2. Bagi lulusan tahun 2014 dan 2015, harus memiliki ijazah
  3. Bagi lulusan 2016 yang telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, dengan memuat informasi diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap yang sah.
  4. Sehat jasmani dan rohani.

Semua syarat sudah terpenuhi? Maka kamu dapat melanjutkan untuk melakukan pendaftaran awal dan dilanjutkan dengan pendaftaran online, berikut adalah informasi lengkap mengenai tahap pendaftaran SBMPTN 2016:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ mulai tanggal 25 April 2016
  2. Isi dengan benar nama dan tanggal lahir peserta.
  3. Cetak tanda bukti pendaftaran awal, dan gunakan tanda bukti pendaftaran untuk melakukan pembayaran di bank BNI atau bank Mandiri.
  4. Setelah membayar, peserta akan mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang akan digunakan untuk registrasi online dengan jadwal:
  • Pendaftaran online Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08:00 WIB hingga 9 Mei 2016 pukul 22:00 WIB
  • Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) dibuka mulai 25 April 2016 pukul 08:00 WIB hingga 20 Mei 2016 pukul 22:00 WIB.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait