1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 20 Mahasiswa FT UGM Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Ke Ehime University

Kategori

20 Mahasiswa FT UGM Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Ke Ehime University

20 Mahasiswa FT UGM Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Ke Ehime University

Rating: 1 - out of 5stars
04 Desember 2018 0 Komentar
Penulis:

Terdapat sekitar 20 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM) ikuti program pertukaran mahasiswa ke Ehime University, Jepang. Mahasiswa tersebut telah melakukan program pertukaran selama sebulan, mulai tanggal 21 Oktober s.d 19 November 2018 di Matsuyama, Ehime, Jepang.

Adapun keduapuluh mahasiswa tersebut antara lain Meilani Adriyati (S2 Teknik Sipil), Reynaldo Daniel Ruma Sondi, Karinka Indah Renata, Aqmal Nugrarizky Kusuma, Vicco Tanady (S1 Teknik Sipil), Dhimas Agung Kurniawan, Mayella Sherly Winesia, Addo Hernando (S1 Teknik Kimia), Mukmin Sapto Pamungkas (S2 Teknik Kimia), Stefanus Wiharsanto Sandiwan dan Laurentius Damar Parthasiwi (S1 Teknik Kimia). Selanjutnya Rifka Khairani Anisa, Yusuf Kurnia Badriawan, Banun Aryani (S1 Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Ahmad Arju Robbani, Reggie Johanes, Muhammad Djabbar Yulianto (S1 Teknik Mesin), Ahmad Taufiqur Rohman (S2 Teknik Mesin), Ridho Yan Pramanda dan Praberta Ardi Wibowo (S1 Teknik Mesin).

Dilansir dari laman UGM, Meilani Adriyati, Mahasiswa S2 Teknik Sipil Fakultas Teknik UGM mengatakan program pertukaran mahasiswa ini sudah terjalin dengan baik antara Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada dan Ehime University yang disponsori oleh Japan Science Technology Agency dan Ehime University. Program ini untuk memperkenalkan penelitian yang berlangsung di Ehime University dan wilayah Matsuyama.

Baca: FE Universitas Tarumanagara Gelar Entrepreneur Week Ke-12

“Agenda program ini terdiri dari aktivitas laboratorium dan penelitian bersama professor dan mahasiswa S1 dan S2, kunjungan industri ke ISEKI Company dan Kanogawa Dam”, ujar Meilani Adriyati, di Kampus UGM, Senin (3/12).

Meilani menjelaskan kunjungan ke kanogawa Dam untuk mahasiswa UGM menambah wawasan terkait struktural Dam, Fungsi serta tujuan dibuatnya bendungan di wilayah tersebut dan mekanisme kerja pintu air. Sedangkan pada saat kunjungan ke industri ke ISEKI Company, mahasiswa-mahasiswa UGM diperkenalkan komponen mesin secara lebih dekat guna menambah pengetahuan mahasiswa bidang manufaktur dari alat-alat pertanian.

“Mulai dari pengolahan logam untuk rangka hingga pengecatan produk, semua proses dapat dicermati dengan baik. Kedua kunjungan ini tentu dapat menjadi pelengkap bagi ilmu yang sudah diperoleh di laboratorium”, jelasnya.

Di dalam laboratorium, kata Meilani, mahasiswa-mahasiswa FT UGM dapat bereksplorasi terkait dengan topik penelitian masing-masing dari bidang Teknik Sipil dan lingkungan, kimia terapan, Mesin dan teknologi informasi. Semua aktivitas laboratorium dibimbing oleh mentor dan professor.

Baca: Enam Mahasiswa UI Terima Beasiswa YAGI

Para mahasiswa pun dapat mengamati percobaan yang dilakukan oleh anggota laboratorium yang lain. Berbagai aktivitas laboratorium yang dilaksanakan masing-masing lab inipun telah diikuti dengan baik.

“Komunikasi mahasiswa dengan professor dan rekan kerja laboratorium terjalin sangat baik. Hal ini ditandai dengan selesainya proyek penelitian masing-masing mahasiswa tepat waktu”, ucapnya.

Di akhir program, beberapa peserta mendapatkan tugas akhir yaitu presentasi di depan para mahasiswa S2 dan para professor. Selain itu, juga diserahkan “Certificate of Completion” dari dekan Fakultas Teknik Universitas Ehime, Hideaki Yasuhara.

Sumber https://www.ugm.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait