1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 5 PTN DI Yogyakarta Gelar Sosialisasi SNMPTN 2018 Di ADiTv

Kategori

5 PTN DI Yogyakarta Gelar Sosialisasi SNMPTN 2018 Di ADiTv

5 PTN DI Yogyakarta Gelar Sosialisasi SNMPTN 2018 Di ADiTv

Rating: 1 - out of 5stars
28 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Yogyakarta memiliki lima perguruan tinggi negeri (PTN) yang siap menerima calon mahasiswa baru dari berbagai jalur. Adapun jalur pertama yang dibuka yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Setelah SNMPTN, maka akan dilanjutkan dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Kemudian jalur mandiri yang akan dilaksanakan sesuai kebijakan PTN masing-masing.

Sebagai langkah untuk mengedukasi dan menambah informasi bagi calon mahasiswa baru, lima PTN di Yogyakarta menggelar sosialisasi pendaftaran SNMPTN 2018. Sosialisasi dilaksanakan di ADiTv, salah satu televisi lokal yang ada di Yogyakarta. Kegiatan ini semakin semarak dan menarik dengan hadirnya narasumber dari masing-masing PTN.

Pada acara yang digelar pada hari Rabu, 21 Februari 2018 ini salah satu narasumber dari ISI Yogyakarta, yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Prof. Dr. I Wayan Dana, SST., M. Hum menjelaskan alur pendaftaran SNMPTN 2018.

Baca: Undip Sosialisasikan Jalur Seleksi Masuk PTN Di SMA N 3 Tegal

Dalam acara tersebut dibahas mengenai pendaftaran SNMPTN, yang dimulai tanggal 21 Februari s.d 6 Maret 2018, yang meliputi:

  • Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.
  • Siswa Pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  • Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasar urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.
  • Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya.
  • Siswa yang melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusan SNMPTN.
  • Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 08 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018).
  • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2018 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

Baca: UNAIR Buka Layanan Konsultasi PMB Dan Beasiswa 2018

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait