1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Butuh Layanan Konsultasi Psikologi Gratis Terkait Wabah Covid-19? Berikut 4 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Layanan Konsultasi Online Gratis

Kategori

Butuh Layanan Konsultasi Psikologi Gratis Terkait Wabah Covid-19? Berikut 4 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Layanan Konsultasi Online Gratis

Butuh Layanan Konsultasi Psikologi Gratis Terkait Wabah Covid-19? Berikut 4 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Layanan Konsultasi Online Gratis

Rating: 1 - out of 5stars
15 September 2020 0 Komentar
Penulis:

Pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia berubah. Hal ini lantas menimbulkan masalah baru bagi kehidupan manusia, tak terkecuali masalah dalam hal kesehatan mental.
Menghabiskan hampir 24 jam waktu di rumah serta pola kehidupan seperti bekerja dan belajar yang berubah tentu menimbulkan stres yang berlebihan. Menyadari keadaan ini, beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia lantas menyediakan layanan konsultasi psikologi gratis terkait wabah Covid-19 bagi masyarakat umum.
Konsultasi tersebut dilakukan secara daring melalui surel hingga aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp dan direct message Instagram.

Perguruan tinggi mana saja yang menyediakan layanan konsultasi psikologi daring gratis ini?

1. Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka layanan konsultasi psikologi gratis melalui daring untuk mahasiswa yang cemas dalam menghadapi pandemi Covid-19. Layanan ini diberikan oleh Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Sebelum memberikan layanan konsultasi kepada mahasiswa, para tenaga konsultasi yang juga seorang dosen psikologi di FK UNS ini akan melakukan pengambilan data untuk menentukan metode apa yang cocok dalam memberikan layanan konsultasi. Untuk mendapatkan layanan konsultasi ini, kamu bisa menghubungi nomor WhatsApp 0856 4185 3332 (Berliana Widi Scarvanovi). Layanan konsultasi ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

2. Universitas Hasanuddin
Selain UNS, Universitas Hasanuddin di Makassar juga membuka layanan konsultasi psikologi daring gratis terkait wabah Covid-19. Layanan ini ditujukan bagi masyarakat Kota Makassar yang mengalami keluhan psikis dampak pandemi Covid-19. Layanan konsultasi psikologi yang dilakukan oleh Prodi Psikologi Unhas ini merupakan Gerakan murni yang diinisiasi oleh Prodi Psikologi Unhas. Seluruh elemen mulai dari ketua prodi, dosen hingga mahasiswa terlibat aktif dalam memberikan layanan konsultasi. Untuk kamu yang ingin menggunakan layanan konsultasi gratis ini, kamu bisa mengakses laman ini (di link ke https://med.unhas.ac.id/psikologi/konsultasi/) atau menghubungi nomor WhatsApp di 0852 4385 5407. Layanan konsultas ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 di hari kerja.

3. Universitas Padjadjaran
Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung juga membuka layanan konsultasi psikologi berbasis online gratis untuk masyarakat. Layanan ini diberikan untuk penanganan psikologis bagi masyrakat yang mengalami gangguan kesehatan mental karena wabah pandemi Covid-19. Layanan ini diselenggarakan oleh sebuah lembaga di bawah Fakultas Psikologi, yaitu Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Unpad. Berbeda dengan perguruan tinggi yang lain, pelayanan konsultasi daring ini dilakukan melalui layanan percakapan dalam aplikasi Google Hangout yang pada umumnya sudah tersedia dalam telepon pintar berbasis Android. Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Setelah mendapatkan jadwal konsultasi, para calon klien akan diminta membaca dan mengisi formulir yang dikirimkan melalui email. Selanjutnya, para klien dapat melakukan konsultasi sesuai jadwal dari rumah masing-masing. Jadwal konsultasi tersedia setiap hari antara pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Informasi tentang prosedur dan pendaftaran lebih lanjut dapat ditanyakan melalui layanan pesan instan WhatsApp di nomor 0811 207 4388 atau di laman www.pipunpad.id.

4. Universitas Gadjah Mada
Unit Konsultasi Psikologi (UKP), Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan layanan konseling gratis kepada masyarakat umum dengan membuka Layanan Konsultasi Psikologis Daring terkait pandemi Covid-19. Konsultasi gratis ini dilakukan melalui surel [email protected] dan direct message (DM) akun Instagram @ukpugm. Sudah dimulai sejak 24 Maret 2020, kegiatan konseling ini direncanakan akan terus berlangsung hingga masa pandemi Covid-19 berakhir. Klien yang melakukan konsultasi daring gratis ini ditangani oleh psikolog profesional dari UKP, dosen maupun psikolog rekanan. Layanan konsultasi ini tersedia pada jam kerja mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

 

Sumber:

https://psikologi.ugm.ac.id/ukp-berikan-layanan-konseling-daring-gratis-masa-pandemik-covid-19/

https://uns.ac.id/id/covid-19/uns-buka-layanan-konsultasi-psikologi-daring-untuk-mahasiswa-yang-cemas-akibat-covid-19.html

https://med.unhas.ac.id/psikologi/konsultasi/

https://www.unpad.ac.id/2020/04/unpad-buka-layanan-konsultasi-psikologi-berbasis-daring/

picture: kaboompics

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait