1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Cari Jurusan PMI Terakreditasi A? Di UIN Suska Riau Tempatnya!

Kategori

Cari Jurusan PMI Terakreditasi A? Di UIN Suska Riau Tempatnya!

Cari Jurusan PMI Terakreditasi A? Di UIN Suska Riau Tempatnya!

Rating: 1 - out of 5stars
07 Desember 2017 0 Komentar
Penulis:

Kualitas pendidikan yang dijalankan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) memang tak perlu diragukan lagi. Selain itu, kelengkapan program studi atau jurusan yang ada membuat UIN Suska selalu ramai dipilih calon mahasiswa baru. Nah, salah satu jurusan yang ramai digandrungi calon mahasiswa baru yakni jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

Di Indonesia, ada beberapa UIN yang membuka jurusan ini seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Suska Riau, dan masih ada beberapa lainnya. Nah, bagi kamu yang mencari jurusan PMI terakreditasi A, kamu bisa mencoba ke UIN Suska Riau.

Beberapa saat lalu, jurusan PMI milik UIN Suska Riau berhasil meraih akreditasi A. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya sertifikat oleh BAN-PT sejak tanggal 12 September 2017. Didapatnya akreditasi A ini tak luput dari kerja keras seluruh civitas akademika jurusan PMI.

Baca: UIN Jakarta Jadi Kampus Islam Pertama yang Berbadan Hukum

Sebagai wujud rasa senang telah meraih hal tersebut, segenap civitas jurusan PMI mengadakan syukuran di lapangan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau, Rabu (6/12/2017). Acara tersebut turut dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR Yasril Yazid MIS, Ketua Jurusann Drs Syahril Romli M.Ag dan mahasiswa PMI UIN Suska Riau.

Rangkaian acara dimulai dengan syukuran akreditasi yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, dilanjutkan kegiatan wakaf buku, ceramah agama maulid Nabi Muhammad SAW, serta training motivasi yang mendatangkan pengusaha herbal Pekanbaru, Drs Sudirman SAg.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA mengucapkan selamat kepada jurusan PMI, karena telah meraih kesuksesan di bidang akreditasi. Ia berharap kedepannya, jurusan dakwah masyarakat tersebut dapat terus mengembangkan jurusannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR Yasril Yazid MIS,proses akreditasi tersebut sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu dan bulan September kemarin dikeluarkan oleh BAN-PT. Akreditasi tersebut merupakan yang kedua kalinya.

“Sebelumnya, jurusan PMI sudah mendapat akreditasi B gemuk, jadi perbaikan yang dilakukan tidak banyak. Agar bisa mencapai A, setiap standar diperbaiki, mulai dari visi misi, dosen, sarana dan prasarana, kurikulum baru, hingga restasi dosen dan mahasiswa,”ujarnya.

Baca: IAIN Antasari Banjarmasin Alih Status Jadi Universitas

Dilanjutkan, PMI UIN Suska merupakan jurusan yang paling tinggi dibanding jurusan yang sama di seluruh Indonesia. Saat ini mereka sudah punya lima desa binaan, tenaga pendamping desa, hingga konsultan di masyarakat.

Jurusan PMI UIN Suska Riau juga punya Tenaga Pendamping Desa terbaik nasional. Berasal dari Bengkalis namanya Ruliono. Semua tenaga dari Jurusan PMI sudah tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Mereka bekerja sebagai praktisi di lapangan, dengan orientasi dakwah pendamping,”ucapnya.

Ketua Jurusan PMI UIN Suska Riau, Drs Syahril Romli MAg menambahkan, tahun ini terjadi peningkatan jumlah peminat jurusan PMI, dari tahun sebelumnya hanya tiga lokal, saat ini sudah enam lokal.

“Perwujudan visi dan misi kita adalah menjadikan jurusan ini menjadi yang terbaik lahi. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, terus melakukan perbaikan kurikulum sesuai dengan konsentrasi periode dan berbasis KKNI. Misi kita, akan terus mengusahakan peningkatan masyarakat binaan. Saat ini sudah ada dua Desa Binaan kita, yakni Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung Kampar dan Suku Sakai di Duri. Ke depan minimal tiga desa lagi yang akan kita tambah. Di desa ini dijadikan sebagai pusat laboratorium PMI. Di sana diarahkan juga penelitian dosen, pengabdian masyarakat dan tempat PKL,”paparnya.

“Harapan pada pihak pimpinan kami adalah meminta dibukanya program S2, dengan modal akreditasi A,”sambungnya.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait