1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Cegah Bullying Di Kampus, Universitas Gunadarma Luncurkan Aplikasi “UG Aid Us”

Kategori

Cegah Bullying Di Kampus, Universitas Gunadarma Luncurkan Aplikasi “UG Aid Us”

Cegah Bullying Di Kampus, Universitas Gunadarma Luncurkan Aplikasi “UG Aid Us”

Rating: 0.0 - out of 5stars
04 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Masih ingat kasus bullying yang terjadi di Universitas Gunadarma beberapa saat lalu? Dimana sasaran bullying adalah mahasiswa penyandang disabilitas. Nah, sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi kasus serupa, UG memperkenalkan aplikasi pelaporan tindak bullying bernama “UG Aid Us” yang dapat diunduh via smartphone. Meski demikian, pihak UG mengklaim bahwa peluncuran aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan kasus bullying yang terjadi.

Aplikasi ini diperkenalkan bersamaan dengan seminar nasional bertajuk ‘Disabilitas dan Pendidikan Tinggi’ yang berlangsung di Kampus D Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

Menurut Rektor Universitas Gunadarma, Margianti, hadirnya aplikasi ini merupakan bentuk kepedulian universitas dalam menegakkan aturan yang berlaku di kampus.

Baca: Hindari Bullying, Tiga PTN Di Sulses Akan Gelar Ospek Tanpa Kegiatan Fisik

“Nah, aplikasi ini tujuannya adalah lebih luas dari itu. Lebih luas dan lebih dalam. Dan itu memang menjadi kewajiban kami untuk lebih peduli dan waspada,” ujar Margianti sebagaimana dilansir dari detikINET.

Margianti menerangkan bahwa aplikasi yang diluncurkan ini adalah semacam monitoring. Jadi, lanjut Margianti, kalau terjadi hal-hal yang keluar dari aturan, itu nanti siapapun, entah mahasiswa atau dosen bisa melaporkan. Laporan itu nantinya akan diterima oleh pusat center dan seterusnya akan ditindaklanjuti.

“Monitoring ini tak hanya berlaku untuk disabilitas. Mungkin saja terjadi pengerusakkan, bullying, dan hal-hal sebagainya. Hal-hal yang kurang produktif. Nah itu bisa kami pantau,” terangnya.

Aplikasi UG Aid Us sendiri memang dihadirkan sebagai tambahan pelayanan bagi mahasiswanya yang punya kebutuhan khusus.

“Apa yang diperlukan, jaminan bahwa dia tidak diganggu sama kawan-kawannya, sampai lulus,” pungkasnya.

Hadirnya aplikasi UG Aid Us menambah panjang daftar aplikasi yang diciptakan oleh Gunadarma. Aplikasi ini diciptakan dengan memakan waktu kurang lebih satu minggu. Untuk sementara aplikasi ini baru sebatas beta di Android.

Baca: Bentuk Karakter Mahasiswa, Universitas Trilogi Berikan Makul Citra Diri

“Kami lagi menyempurnakan dahulu. Kami bekerjasama juga dengan bagian kemahasiswaan. Uji cobanya nanti di mahasiswa. Dibuat aplikasi semacam Path. Jadi, kita bisa upload update. Lihat sesuatu hal yang tidak sesuai aturan, posting, dan sebagainya,” tambah Matrissya Hermita, Ketua Panitia dan Penggagas Aplikasi UG Aid Us di kesempatan yang sama.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait