1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Dies Natalis Ke-9, Sekolah Vokasi UGM Tanam 20 Jenis Anggrek

Kategori

Dies Natalis Ke-9, Sekolah Vokasi UGM Tanam 20 Jenis Anggrek

Dies Natalis Ke-9, Sekolah Vokasi UGM Tanam 20 Jenis Anggrek

Rating: 1 - out of 5stars
27 Juli 2018 0 Komentar
Penulis:

Dalam rangka perayaan Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM Ke-9, berbagai macam kegiatan dilaksanakan secara semarak. Mengambil tema “Sinergitas Penguatan Teaching Industry SV UGM Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0”, Dies kali ini menjadi momentum untuk meningkatkan rekognisi serta kontribusi Sekolah Vokasi yang menjadi ujung tombak hilirisasi penelitian UGM.

“Sekolah Vokasi adalah ujung tombak hilirisasi UGM. Tanpa Vokasi, UGM akan sulit untuk mengembangkan inovasinya. Itulah mengapa Sekolah Vokasi begitu penting,” tutur Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M, sebagaimana dilansir dari laman resmi UGM.

Hal ini ia sampaikan saat membuka rangkaian acara Dies Natalis Sekolah Vokasi pada Kamis (26/7), yang diawali dengan kegiatan senam bersama. Dalam peringatan Dies Natalis ini, Paripurna berharap agar Sekolah Vokasi dapat terus memberikan kontribusi tidak hanya bagi UGM tetapi juga bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mencetak lulusan yang berkompeten serta menghasilkan produk-produk yang dapat mengurangi ketergantungan akan produk impor.

Baca: 38 Mahasiswa Asing Ikuti Unpad Summer Program

“Terlalu banyak barang yang masih diimpor sehingga devisa banyak keluar. Sekolah Vokasi memiliki tugas yang sangat penting untuk membantu negara menjalankan substitusi impor. Era sekarang adalah eranya vokasi,” ucapnya.

Acara pembukaan Dies Natalis ini juga melibatkan komunitas KAGAMA Virtual. Komunitas ini mendonasikan puluhan tanaman anggrek untuk ditanam di sekitar kampus Sekolah Vokasi. Anggrek-anggrek yang ditanam merupakan spesies anggrek dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk beberapa jenis anggrek langka. Kegiatan penanaman anggrek ini dilakukan oleh sivitas akademika Sekolah Vokasi serta beberapa mitra yang turut hadir dalam acara pembukaan ini.

“Ada sekitar 20 jenis anggrek yang akan ditanam di Sekolah Vokasi. Penanaman anggrek ini jadi salah satu upaya untuk melestarikan aggrek asli Indonesia di tengah masuknya banyak anggrek dari negara lain,” ucap Ketua KAGAMA Virtual, Retno Dwidarsih.

Selain 2 kegiatan ini, rangkaian Dies Natalis yang akan diselenggarakan hingga 4 bulan ke depan. Rangkaian kegiatan antara lain workshop dan seminar nasional. Kompetisi product design nasional, gathering, rapat senat terbuka, hingga agenda terakhir berupa job fair di bulan November mendatang.

Baca: Total Peserta UTUL UGM Tahun Ini Meningkat!

“Selamat untuk kita semua, semoga ke depan kampus kita menjadi semakin bagus, semakin sukses, dan apa yang kita sudah rencanakan bisa mendatangkan hasil yang baik,” tutur Dekan Sekolah Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Sumber https://ugm.ac.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait