1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Dorong Akreditasi PTS Meningkat, Kopertis Sosialisasikan Sistem EWS

Kategori

Dorong Akreditasi PTS Meningkat, Kopertis Sosialisasikan Sistem EWS

Dorong Akreditasi PTS Meningkat, Kopertis Sosialisasikan Sistem EWS

Rating: 0.0 - out of 5stars
27 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Demi mendorong jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang terakreditasi baik meningkat, Kopertis Wilayah III Jakarta sosialisasikan pengembangan sistem early warning system (EWS). Dalam sistem ini, masing-masing PTS wajib melaporkan segala kegiatan mahasiswa di setiap semester via online. Saat ini, laporan PTS kepada Kopertis masih bersifat manual yakni melalui informasi dari masyarakat, dosen dan mahasiswa.

“Perguruan tinggi sekarang harus mengejar banyak ketertinggalan untuk memenuhi fasilitas pendidikan misalnya kurangnya penelitian, publikasi jurnal internasional, kurangnya dosen, dan luas kampus yang belum memenuhi standar,” kata Sekretaris Pelaksana Kopertis III Putut Pujogiri sebagaimana dilansir dari Bisnis.com, di sela acara Wisuda Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Kamis (26/10/2017).

Baca: 9 Kampus Swasta Raih Akreditasi A Tahun 2016

Khusus di Kopertis Wilayah III, baru ada sekitar 9 perguruan tinggi yang terakreditasi A dari total universitas mencapai 335. Kesembilan universitas swasta tersebut antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Traumanegara, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Melalui sistem EWS, dia berharap pihak Kopertis bisa melakukan pendataan terkait kebutuhan universitas swasta untuk mencapai akreditasi unggul. Pasalnya, dalam menetapkan akreditasi, dia merinci ada tiga standar yang harus dipenuhi yakni dari sisi pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Dari tiga itu, sebenarnya apa yang paling menghambat mereka untuk mencapai akreditasi unggul atau setidaknya bisa naik kelas. Misal dari B ke A atau C ke B,” tuturnya.

Jika dilihat dari lima Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang memiliki PTS terakreditasi A, yaitu Kopertis Wilayah VII, VI, V, IV dan III, maka perguruan tinggi swasta (PTS) lingkup Kopertis Wilayah III Jakarta diklaim paling banyak memiliki akreditasi A.

Pada saat yang sama, dia juga mendorong komitmen PTS untuk menjaga sistem manajemen mutu. Selain berguna untuk meningkatkan akreditasi institusi, hal tersebut dinilainya merupakan faktor utama dalam menciptakan suasana akademik yang nyaman dan berkualitas.

Salah satunya dengan meningkatkan peran perguruan tinggi di kancah pendidikan internasional, misalnya memperbanyak jumlah guru besar atau jurnal internasional. Di wilayah Kopertis III, jumlah guru besar yang aktif hanya 206 orang, sisanya ada yang sudah pensiun atau meninggal.

“Universitas juga harus memperhatikan mengenai pendaftaran reakreditasi. Mendaftarnya jangan mepet dengan masa berakhirnya akreditasi karena berisiko tidak bisa diurus sehingga akreditasi awal yang sudah diraih justru berpeluang hilang,” jelasnya.

Baca: 12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

Untuk menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja, universitas juga dituntut untuk mengevaluasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan berkembangan teknologi digital saat ini, peran perguruan tinggi dalam membekali kemampuan teknis sangat penting untuk mendukung upaya transformasi terhadap perkembangan zaman.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait