1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. FTUI Kerjasama Dengan Honeywell, Luncurkan Laboratorium Canggih Pertama Di Indonesia

Kategori

FTUI Kerjasama Dengan Honeywell, Luncurkan Laboratorium Canggih Pertama Di Indonesia

FTUI Kerjasama Dengan Honeywell, Luncurkan Laboratorium Canggih Pertama Di Indonesia

Rating: 1 - out of 5stars
13 Maret 2018 0 Komentar
Penulis:

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kerja sama dengan Honeywell Hometown Solutions sebuah perusahaan yang beraliansi di Amerika Serikat. Peresmian diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir di laboratorium kendali canggih terhubung (smart connected) pertama di Indonesia di Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.

Laboratori ini nantinya mempunyai keunggulan dalam bidang mengendalikan berbagai fasilitas di beberapa gedung kampus FTUI. Keberadaan laboratorium nantinya bakal memungkinkan para mahasiswa dan dosen untuk melakukan simulasi belajar dan mengembangkan sistim gedung pintar dengan menggunakan modul dan software canggih dari Honeywell Building Technologies.


Baca : Cari Produk Resmi UI? Ke UI Store Saja!

Mohamad Nasir, sangat mengapresiasi atas kerjasama yang baik antara Indonesia dengan Amerika untuk meningkatkan kemampuan UI dibidang teknologi. Khususnya pada Smart Connected Engineering Kampus ini, Laboratori ini menggunakan teknologi layanan gedung terkoneksi berbasis komputasi awan (cloud-based Connected Building services), sistim manajemen gedung, teknologi gedung pintar dengan kemampuan antar-muka visual dan intuitif, serta sistim keamanan dan dan monitoring alarm kebakaran.

“Saya merasa sanga bangga dan berterimakasih kepada pemerintah Amerika Serikat yang diwakili oleh Bapak Dubes AS untuk Indonesia Mr. Donovan, begitu kita masuk, kelas atau sebuah ruangan, listrik akan on (nyala) dan begitu kita meninggalkan ruangan, kira-kira 10-15 menit maka listrik akan otomatis off (mati)” Ungkapnya.

Selain manfaat dari penerapan smart building, mahasiswa FTUI juga dapat memanfaatkan versi simulasi sistem smart building itu untuk keperluan riset. Harapannya, mahasiswa FTUI ini menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistim kendali.

Baca : Ini Dia Jalur Masuk UI Tahun 2018!

Sementara itu, Rektor UI, Prof. Muhammad Anis mengatakan, smart building ini kalau ditinjau dari segi pembelajarannya, yakni bagaimana membuat sistem se-efisien mungkin tetapi manfaatnya semaksimal mungkin. Pihaknya berharap melalui kemitraan ini dapat membantu para insinyur lulusan FTUI sehingga mereka mampu mengaplikasikan pengetahuannya untuk membangun gedung-gedung yang lebih aman, nyaman, efisien dan ramah lingkungan, di seluruh Indonesia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait