1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Gedung Kampus Poltekpar Akan Mulai Dibangun 10 Agustus

Kategori

Gedung Kampus Poltekpar Akan Mulai Dibangun 10 Agustus

Gedung Kampus Poltekpar Akan Mulai Dibangun 10 Agustus

Rating: 0.0 - out of 5stars
07 Agustus 2017 0 Komentar
Penulis:

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok akan mulai melaksanakan pembangunan gedung kampus pada tanggal 10 Agustus 2017. Pembangunan gedung baru ini berlokasi di Piyung, Lombok Tengah, ini telah merampungkan segala persyaratan juga pemilihan tender pembangunanpun telah usai. Diharapkan, proyek pembangunan tahap pertama dengan menelan nilai investasi sebesar Rp 135 miliar ini akan tuntas pada tanggal 31 Desember 2017.

“Untuk tahun depan, kita akan lanjutkan lagi dengan anggaran sebesar Rp 180 miliar,” tutur Deputi Pengembangan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Prof Ahmansyah, dalam rapat koordinasi pembangunan kampus Poltekpar Negeri Lombok di Mataram, (4/8).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah, para tokoh masyarakat dan pemerintah Desa Puyung, dan para pemangku kepentingan utama Pariwisata NTB.

Baca: ITB Bangun Kampus Baru Dan Pusat Penelitian Di Vasanta Innopark Bekasi

Ahmansyah mengatakan, anggaran untuk pembangunan Poltekpar tahun depan telah disetujui di Komisi X DPR RI, dan tinggal disahkan dalam APBN 2018 yang dijadwalkan akan disetujui Oktober tahun ini. Secara keseluruhan, kata dia, kampus Poltekpar Negeri Lombok memerlukan anggaran Rp 1,5 triliun dan akan disiapkan bertahap.

Nantinya di dalam kampus ini akan dibangun gedung perkuliahan, gedung rektorat, gedung perpustakaan, laboratorium dan juga hotel berbintang yang pengelolaannya terpadu. Seluruh gedung akan dibangun di kompleks seluas 20 hektare di Dusun Bangket Tengak, Puyung, dan bersisian dengan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri Regional NTB.

Untuk tahun ini, dengan anggaran Rp 135 miliar, telah siap gedung perkuliahan untuk 24 kelas. Sementara itu, Pemprov NTB akan menyiapkan dana Rp 2 miliar untuk penyiapan meubeler dan fasilitas penunjang perkuliahan lainnya. Sehingga gedung ini sudah bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk kegiatan belajar mengajar segera.

Ahmansyah tidak merinci butuh berapa tahun untuk merampungkan gedung Poltekpar Negeri Lombok hingga seluruhnya benar-benar paripurna. Yang jelas kata dia, Kementerian Pariwisata menginginkan pembangunan gedung kampus keenam di Indonesia ini bisa rampung. Sehingga kontribusi Poltekpar tehadap pengembangan pariwisata NTB bisa langsung dirasakan.

Baca: UKI Atma Jaya Resmikan Kampus III Di BSD City

Poltekpar Negeri Lombok sendiri saat ini sudah memasuki masa perkuliahan tahun kedua. Untuk sementara perkuliahan menggunakan gedung Badan Diklat milik Pemprov NTB yang sebelumnya juga menjadi kampus sementara IPDN Regional NTB. Tahun lalu, Poltekpar NTB menerima 200 mahasiswa dan tahun ini menerima 400 mahasiswa.

Jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo juga diagendakan untuk meletakkan batu pertama pembangunan Poltekpar Negeri Lombok dalam kunjungan ke Mandalika Resort yang diagendakan pada 26-27 Agustus 2017 mendatang.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait