1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Hasil Asia University Ranking 2016 – UI Satu-satunya dari Indonesia

Kategori

Hasil Asia University Ranking 2016 – UI Satu-satunya dari Indonesia

Hasil Asia University Ranking 2016 – UI Satu-satunya dari Indonesia

Rating: 0.0 - out of 5stars
24 Juni 2016 0 Komentar
Penulis:

Baru-baru ini media Inggris ternama Times Higher Education (THE) University Rankings, merilis terkait hasil Asia University Ranking tahun 2016. Times Higher Education bekerja sama dengan lebih dari 200 perguruan tinggi yang tersebar di 22 negara Asia, sehingga mampu mendapatkan hasil akurat yang sudah ditampilkan di situs resmi milik https://www.timeshighereducation.com/.

Universitas Indonesia menjadi satu-satunya perguruan tinggi tanah air, yang mampu menembus ketatnya persaingan dengan perguruan tinggi di Asia. Meski belum masuk di angka 100 besar, nyatanya nama UI duduk di kelompok rangking 181-190 perguruan terbaik di Asia.

Wow, Mahasiswa UI Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar!

Dikutip dari beritasatu.com, “Kami berbangga hati atas pencapaian ini dimana UI menjadi Perguruan Tinggi pertama dan satu-satunya yang mewakili Indonesia di mata Asia dan Dunia melalui pemeringkatan THE. Sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional, mempromosikan kewirausahaan dan inovasi serta mengatasi tantangan sosial,” kata Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Kamis (23/6/2016).

Sementara itu, di posisi pertama dan kedua diduduki oleh National University of Singapore dan Nanyang Technological University Singapore. Disusul oleh perguruan tinggi dari beberapa negara, seperti Hongkong, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Lalu, Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang menjadi Negara dengan perguruan tinggi terbanyak yang masuk dalam pemeringkatan THE, yakni sebanyak 39 perguruan tinggi.

Sebagai informasi, tim THE menentukan rangking berdasarkan beberapa indikator. Diantaranya adalah, pengajaran yang dilakukan (kegiatan belajar mengajar) 25%, penelitian (jumlah dan reputasi) 30%, situasi penelitian 30%, ilmu pengetahuan dan wawasan internasional (staf, mahasiswa dan riset) 7.5%, dan kerjasama industri 7.5%.

Ini Dia 11 Universitas Terbaik Indonesia se-Asia Tahun 2016!

Sebelumnya, UI berhasil menjadi universitas terbaik di Indonesia versi Quacqurelli Symond (QS), dengan peringkat ke 67 se-Asia. UI berhasil naik peringkat dari tahun ke tahun, hal ini membuktikan jika UI terus berbenah untuk memberikan kualitas terbaik. Selain itu juga, untuk membuktikan jika perguruan tinggi di Indonesia layak untuk dilirik di kancah dunia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait