1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Hindari Bullying, Tiga PTN Di Sulses Akan Gelar Ospek Tanpa Kegiatan Fisik

Kategori

Hindari Bullying, Tiga PTN Di Sulses Akan Gelar Ospek Tanpa Kegiatan Fisik

Hindari Bullying, Tiga PTN Di Sulses Akan Gelar Ospek Tanpa Kegiatan Fisik

Rating: 0.0 - out of 5stars
25 Juli 2017 0 Komentar
Penulis:

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar, telah usai melaksanakan rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2017. Kini, beberapa PTN di Makassar seperti Univeristas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin dan Uin Alauddin Makassar sedang bersiap menyambut kedatangan para mahasiswa baru.

Tiga PTN tersebut akan menggelar Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) yang diisi dengan kegiatan positif, untuk menghindari bullying di kampus.

Dilansir dari KABAR.NEWS, Wakil Rektor III UNM bidang Kemahasiswaan, Arifuddin Usman mengatakan bahwa UNM akan tetap menggelar Ospek sebagai awal dari pengenalan mahasiswa dengan dunia kampus.

Baca: Selamat, Universitas Muhammadiyah Surakarta Raih Akreditasi A BAN PT

“Tetap kita adakan Ospek kemungkinan dua sampai tiga hari. Baik ditingkat kampus, fakultas maupun program studi. Tapi kita belum tahu nama kegiatannya apa, yang jelas kita laksanakan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang Akademik, kemahasiswaan dan lembaga kemahasiswaan,” ujar Arifuddin Usman, Senin (24/7/2017).

Selain UNM, Unhas dan Uin Alauddin Makassar juga akan menggelar penyambutan mahasiswa baru. Kepala Biro Humas Unhas, Ishaq Rahman mengatakan bahwa pada penyambutan Maba tahun ini, seluruh kegiatan Maba dipusatkan di Kampus Unhas Tamalanrea tanpa ada kegiatan Maba di luar kampus.

“Karena setelah prosesi penyambutan Maba, akan ada kegiatan Basic Study Skill (BSS) yang kalau tidak salah akan dilaksanakan 5 hari. Itu kegiatan pengganti ‘Ospek’ dan lain – lain. Sudah tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan fisik. Sekarang lebih ditekankan pada pengayaan Intelektual Maba,” tutur Ishaq Rahman.

Sementara itu, penyambutan Maba di Kampus Uin Alauddin Makassar tahun ini disebut dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Konsep tersebut merupakan konsep baru yang diusulkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama kepada seluruh PTAIN saat menggelar penyambutan Maba.

Baca: Tingkatkan Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi, Tiga Negara Gelar TURM Ke-4

“Dalam petunjuk teknis PBAK, penyambutan Maba ditekankan pada pengenalan nilai akademik PTAIN, kelembagaan PTAIN serta Profil PTAIN dalam hal ini profil Uin Aluddin. PBAK dikemas dalam bentuk penyampaian materi dan pelaksanaannya maksimal 4 hari seperti yang diusulkan oleh Dirjen,” ungkap Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Uin Alauddin, Prof Sity Aisyah, saat dihubungi, kemarin.

Prof Sity Aisyah menjelaskan bahwa penyambutan Maba juga akan tetap dilakukan di tingkat fakultas seperti pada tahun – tahun sebelumnya.

“Mengenai desain kegiatannya bagaimana, nanti kita bahas dalam rapat pimpinan,” tutup Prof Sity Aisyah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait