1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Hore, UAD Raih Akreditasi Institusi A!

Kategori

Hore, UAD Raih Akreditasi Institusi A!

Hore, UAD Raih Akreditasi Institusi A!

Rating: 1 - out of 5stars
03 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akhirnya mampu meraih akreditasi institusi terbaik. Baru-baru ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) resmi mengumumkan hasil akreditasi terbaru untuk UAD. Setelah dua tahun meraih akreditasi institusi B, kali ini UAD berhasil meningkatkan akreditasinya menjadi A. Menurut Wakil Rektor I UAD, Muchlas mengatakan bahwa akreditasi ini merupakan akreditasi institusi secara keseluruhan.

“Ini merupakan pertama kalinya bagi UAD untuk dapat memperoleh akreditasi A secara institusi,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, di Gedung Rektorat UAD, Yogyakarta, Kamis (2/11).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah itu, akreditasi dengan predikat terbaik ini merupakan buah dari upaya dair UAD untuk terus meningkatkan kualitasnya, baik dari sisi akademik maupun dari sisi tata kelola. Salah satu kunci dari pencapaian ini adalah karena kini UAD memiliki visi dan misi yang lebih baik. Selanjutnya, UAD pun terbukti telah dapat menerapkan visi dan misi itu dalam melakukan tata kelola universtitas yang optimal.

Baca: Capai Akreditasi A, Universitas Telkom Serius Kembangkan Dunia Pendidikan

“Good University Governance atau tata kelola universitas yang baik adalah salah satu kunci utama UAD dalam meraih akreditasi A tersebut,” kata dia.

Wujud tata kelola yang baik dari UAD itu diantaranya adalah melalui pelaksanaan fungsi manajemen yang optimal dengan skema planning, organizing, actuating dan controlling. Selain itu, seluruh skema itu juga dilengkapi dengan sistem monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan dengan baik.

Bagi Muchlas, raihan akreditasi A ini sekaligus menjadi bukti bahwa UAD dianggap sebagai institusi pendidikan yang memiliki tata kelola yang optimal dan institusi penyelenggara pendidikan yang baik. Dari sekitar 4600 universitas di Indonesia, hanya 62 kampus yang berhasil meraih akreditasi A, salah satunya adalah UAD.

UAD sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang mampu meraih akreditasi A. Kedepannya, UAD akan terus menjaga dan meningkatkan perolehan ini. Hal ini juga tak luput dari peran para civitas akademika untuk dapat memajukan UAD ke arah yang lebih baik.

Baca: Selamat, Universitas Muhammadiyah Surakarta Raih Akreditasi A BAN PT

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait