1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Indonesia – Swedia Perkuat Kerjasama Di Bidang IPTEK

Kategori

Indonesia – Swedia Perkuat Kerjasama Di Bidang IPTEK

Indonesia – Swedia Perkuat Kerjasama Di Bidang IPTEK

Rating: 1 - out of 5stars
06 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Sejak tahun 2011, Indonesia dan Swedia memulai kerjasama bilateral di bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK). Hingga tahun inipun, kerjasama kedua negara ini terus berlanjut. Bahkan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Swedia akan memperkuat jalinan kerjasama ini. Sebelumnya, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Sylvia dari Kerajaan Swedia telah melaksanakan Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia pada 21 – 25 Mei 2017. Kunjungan Kenegaraan ini membawa misi untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dan Swedia, di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi merupakan beberapa bidang yang menjadi fokus kedua Negara untuk ditingkatkan kerjasamanya

Menindaklanjuti kerjasama kedua Negara tersebut, pada hari Rabu, 4/10/2017, dilakukan penandatanganan ‘Memorandum of Understanding’ (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Perwakilan dari Kerajaan Swedia mengenai kerjasama di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi, bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta.

Baca: Fakultas Hukum Universitas Jambi, Bekerjasama dengan Charles Darwin University

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Mohamad Nasir dengan Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Kerajaan Swedia Helene Hellmark Knutsson. Turut menyaksikan penanda tanganan adalah Sekretaris Jenderal Ainun Na’im , Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Jenderal Belmawa Intan Ahmad, SA Hari Purwanto, Nada Marsudi Karo KSKP, Gamal Naseer SKM Komunikasi.

Melalui kerjasama ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan Kementerian Pendidikan dan Riset Kerajaan Swedia akan semakin memperkuat hubungan persahabatan. Kedua negara memahami kepentingan bersama mereka untuk mempromosikan dan mendorong kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerja sama ini akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan riset,teknologi dan pendidikan tinggi, pertumbuhan ekonomi nasional, pembangunan berkelanjutan, dan pembangunan sosial kedua negara.

Tujuan MoU ini adalah untuk mempromosikan kerja sama di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi kedua negara, berdasarkan prinsip persamaan dan keuntungan bersama. Kerja sama ini melibatkan banyak pihak dari kedua negara, antara lain berbagai instansi pemerintah, lembaga nonpemerintah, organisasi, dan entitas terkait lainnya.

Baca: Gandeng Chungnam National University, UNS Kembangkan Riset

Bentuk kerja sama yang disepakati dalam MoU ini antara lain riset ilmiah serta program dan proyek inovatif; kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi berkenaan dengan mobilitas mahasiswa; peningkatan kapasitas kerja sama dosen, peneliti, spesialis dan ahli; konferensi ilmiah, seminar, dan simposium, pameran Iptek dan teknologi; pengembangan dan penilaian kurikulum, serta kualifikasi; pertukaran informasi untuk memfasilitasi pengakuan akademis terhadap gelar dan sertifikat yang diberikan oleh institusi pendidikan; kolaborasi antara organisasi riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dalam penelitian dasar, terapan, serta industri termasuk model riset, pengembangan maupun inovasi baru; dan bentuk kerja sama lainnya yang akan diputuskan oleh kedua negara.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait