1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Institut Teknologi Bandung Bangun Science and Techno Park

Kategori

Institut Teknologi Bandung Bangun Science and Techno Park

Institut Teknologi Bandung Bangun Science and Techno Park

Rating: 1 - out of 5stars
30 April 2018 0 Komentar
Penulis:

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi pusat pengembangan kewirausahaan semakin nyata melalui peresmian peletakan batu pertama pembangunan gedung Science and Techno Park Astra Sinar Mas dengan menggandeng Astra International dan Sinar Mas. Gedung itu akan menjadi tempat pertemuan para peneliti, mahasiswa dan pelaku usaha dalam aktivitas pendidikan, penelitian dan pengembangan, termasuk selaku inkubator bagi bisnis rintisan.

ITB akan memiliki sebuah bangunan empat lantai seluas lebih dari 3.000 meter persegi guna mempertemukan para peneliti, mahasiswa dan pelaku usaha dalam aktivitas pendidikan, penelitian dan pengembangan, termasuk diantaranya selaku inkubator bagi bisnis rintisan. Berkonsep green building yang ramah energi, di sana akan tersedia ruang serba guna, kantor koperasi, co-working space, hingga private space, sejalan dengan transformasi ITB menjadi entrepreneurial university. Yang seluruhnya direncanakan beroperasi pada pertengahan tahun depan.


Baca : Ubaya Raih Posisi 2 Tertinggi Se-Jawa Timur pada Penerimaan Dana Hibah Pengabdian

“Perkembangan teknologi membuat sejumlah keahlian dan bisnis tertentu tak lagi dibutuhkan. Namun, secara bersamaan hadir peluang seiring munculnya beragam keahlian serta bentuk bisnis baru,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin saat peletakan batu pertama di ITB, Bandung, Jawa Barat.

Selain Saleh, acara peletakan batu pertama itu juga dihadiri oleh Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, Ketua Senat Akademik ITB, Indratmo Soekarno, Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Lukito Hasta P, dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitan, dan Pengembangan Kota Bandung, Heri Antasari. Melalui salah satu pilar bisnisnya, PT Berau Coal Energy Tbk, kerja sama ini menjadi rangkaian dari sejumlah komitmen Sinar Mas dalam pengembangan bidang pendidikan tinggi, riset dan penelitian.

“Kami berharap fasilitas ini mendorong munculnya beraneka inovasi berbasis teknologi, sekaligus menjadi jawaban atas upaya Pemerintah mendorong peran swasta lebih dalam pada bidang riset,” kata Saleh.

Baca : 5 Prodi Universitas Gadjah Mada Dapat Pengakuan Akreditasi Internasional

Sebelumnya, Saleh mengaku mereka tidak hanya melakukannya di ITB, tapi ada di beberapa di universitas lain seperti UGM dan UI, sebuah Eco-Industry Oriented University guna menyediakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada industri, sekaligus berwawasan lingkungan. Dari sana diharapkan datang para inovator yang tak hanya berwawasan iptek, tapi lingkungan atau eco-techno engineer bahkan mereka ingin agar universitas di Indonesia bisa melahirkan para inovator atau peneliti yang baru, sehingga bisa bekolaborasi dengan dunia usaha.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait