1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. ITB dan Universitas Trilogi Jalin Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

Kategori

ITB dan Universitas Trilogi Jalin Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

ITB dan Universitas Trilogi Jalin Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

Rating: 1 - out of 5stars
21 Desember 2016 0 Komentar
Penulis:

ITB (Institut Teknologi Bandung) dan Universitas Trilogi saling bekerjasama untuk memperkuat Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Kedua rektor universitas ini saling menandatangani perjanjian kerjasama terutama dalam bidang pengembangan sumber daya.

Tridharma Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab sosial yang tidak boleh diabaikan begitu saja oleh institusi pendidikan tinggi seperti universitas. Oleh karenanya, para pendidik di seluruh jajaran universitas juga diwajibkan untuk melaksanakan tiga aspek dalam Tridharma Perguruan Tinggi.


Bila ada anggapan bahwa kampus hanyalah sebagai pusat pengajaran dan pendidikan, maka itu kurang tepat. Kampus juga merupakan tempat untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh program-program maupun mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa hendaklah mengandung ketiga aspek Tridharma Perguruan Tinggi.

Atas dasar inilah, ITB dan Universitas Trilogi saling menjalin kerjasama untuk memperkuat Tridharma Perguruan Tinggi. Agar ketiga aspek dalam Tridharma Perguruan Tinggi dapat lebih maksimal dilaksanakan di lingkungan kedua universitas tersebut.

Baca juga: Jelang MEA, Perguruan Tinggi Se-ASEAN Tingkatkan Kerja Sama

Rektor Universitas Trilogi yang juga merupakan Guru Besar bidang Statistika, Prof. Dr. Asep Saefuddin menyatakan bahwa meski telah berada di tingkat Perguruan Tinggi, persoalan riset masih kurang terasa gaungnya di kampus.

Rektor ITB, Prof. Dr. Kadarsah Suryadi sangat mengapresiasi kerjasama antara ITB dan Universitas Trilogi. Mengingat Universitas Trilogi dikenal sebagai kampus pencetak teknopreneur dengan perkembangan dari tahun ke tahun yang semakin baik.

Kerjasama dua universitas ini ditandatangani pada tanggal 15 Desember 2016 lalu bertempat di Universitas Trilogi dan dihadiri langsung oleh masing-masing rektor dari kedua universitas. Kerjasama keduanya difokuskan pada bidang pengembangan dan pemberdayaan sumber daya.

ITB sebagai kampus terbesar di Indonesia, dan seringkali masuk ke dalam urutan 3 teratas sebagai universitas terbaik di Indonesia, ternyata telah sejak lama menjalin kerjasama dengan Universitas Trilogi melalui pengembangan program studi yang berkaitan dengan industry kreatif dan telematika.

Sementara itu, Universitas Trilogi yang berdiri sejak tahun 2013 ini telah mendapat akreditasi B dan dikelola oleh Dikti. Dulunya Universitas Trilogi bernama STEKPI dan beralamat di l. TMP. Kalibata Jakarta Selatan, kabupaten/kota Jakarta Selatan, Provinsi Jakarta, Indonesia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait