1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. ITB Resmikan Empat Gedung Baru, Sudah Tau Fungsinya?

Kategori

ITB Resmikan Empat Gedung Baru, Sudah Tau Fungsinya?

ITB Resmikan Empat Gedung Baru, Sudah Tau Fungsinya?

Rating: 0.0 - out of 5stars
29 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Institut Teknologi Bandung (ITB) terus berbenah untuk menunjukkan kiprahnya di tanah air. Tak hanya terus menggebrakan dunia dengan kualitas para mahasiswa juga lulusannya, ITB pun terus berbenah dari sisi sarana prasana di dalam kampus.

Hari ini, ITB mengundang para petinggi di bidang pendidikan, termasuk Menteri Risset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H Mohamad Nasir, dalam rangka untuk meresmikan empat gedung terbaru milik ITB. Nantinya, gedung ini akan digunakan sebagai pusat berbagai kegiatan, di antaranya penelitian terkait nano teknologi.

Gedung baru ini diresmikan langsung oleh Mohamad Nasir, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di kampus ITB, Jalan Ganeca, Bandung, Senin (29/8).

Empat gedung itu adalah Center for Advanced Sciences (CAS), Center for Art Design and Language (CADL), Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE), dan Center for Research and Community Services (CRCS).

Bandung Punya Universitas Baru, Siap Daftar?

 

Gedung CAS sendiri merupakan gedung yang dilengkapi berbagai peralatan canggih seperti scanning electron microscope (SEM) dan transmission electron microscope (TEM).

Kemudian, Gedung CADL akan digunakan untuk pengembangan seni, desain, dan bahasa.

Adapula, gedung CIBE memiliki fasilitas salah satunya adalah adanya laboratorium struktur yang dapat melakukan pengukuran bangunan dengan ukuran sebenarnya. Laboratorium tersebut dilengkapi strong wall dan strong floor untuk pengujian. Gedung ini pun siap mendukung penelitian dan riset beton antigempa.

Terakhir, gedung CRCS yang akan melayani kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menristekdikti mengatakan, keberadaan gedung tersebut tentunya akan membawa manfaat sebagai lahan penelitian, sehingga darisini akan lahir sebuah terobosan-terobosan mutakhir. “Mudah-mudahan bisa memberi manfaat, baik kepada ITB pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya,” katanya dalam sambutan.

Universitas Pertamina dibuka, Siapa Mau Kuliah Disini?

 

Rektor ITB Kadarsyah Suryadi mengatakan, pembangunan gedung baru akan membawa dampak baik bagi peneliti. Selain untuk ITB, gedung dikomersilkan ini bisa juga digunakan untuk pihak lain yang ingin melakukan penelitian. Menurutnya, proses pembangunan keempat gedung tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Semoga gedung ini memang membawa manfaat bagi banyak orang khususnya di bidang pengetahuan,” jelasnya.

Sebagai informasi, empat buah gedung baru ITB ini dibangun dengan pinjaman dana dari JICA Jepang. Dan diharapkan dengan adanya fasilitas baru mampu menjadikan ITB semakin maju dan bersaing di tingkat dunia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait