1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad, Ini Pesan-pesan Beliau!

Kategori

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad, Ini Pesan-pesan Beliau!

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad, Ini Pesan-pesan Beliau!

Rating: 1 - out of 5stars
11 September 2017 0 Komentar
Penulis:

Senin, 11 September 2017, Universitas Padjadjaran (Unpad) memperingati hari jadi “Dies Natalis” yang ke-60. Acara puncak ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di kampus Unpad, Bandung.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa perguruan tinggi harus siap menghadapi perubahan global yang begitu cepat pada saat ini.

“Di mana-mana saya sampaikan perubahan global sangat cepat, dan menurut saya, siapa yang bisa mengantisipasi dan menyiapkan menghadapi perubahan itu yang pertama yang paling siap adalah perguruan tinggi, sehingga setiap masuk universitas selalu saya sampaikan,” kata Presiden, sebagaimana dilansir dari Republika.

Presiden menambahkan, perubahan itu sangat cepat karena baru belajar internet sudah muncul mobile internet, dan muncul lagi “artificial intelligent”. “Kalau tak diantisipasi bisa berbahaya bagi kehidupan bangsa dan negara, terutama dalam berkompetisi,” katanya.

“Ini yang saya ingin Unpad juga ikut mengantisipasi hal-hal berkaitan dengan perubahan sangat cepat ini,” tuturnya.

Baca: Ristekdikti Gandeng 4 Perguruan Tinggi Kembangkan Mobil Listrik Nasional

Presiden juga mengungkapkan akibat perubahan cepat itu banyak negara yang mengalami pasar modernnya tutup.

“Mal 30 persen tutup karena pembeliannya online. Artinya berapa tenaga kerja menganggur karena online tak perlu ke toko, lebih murah dan cepat,” kata Jokowi.

Untuk itu, kata Presiden, perguruan tinggi harus berani berubah.

“Bertahun-tahun universitas kita fakultasnya tak berubah. Fakultas ekonomi jurusannya manajemen, pembangunan, akuntansi, tiga ini wajib ada. Bener enggak,” kata Jokowi.

Presiden berharap, ada jurusan yang dibutuhkan saat ini, seperti logistik manajemen, retail menajemen, toko online, karena dunia berubah.

“Ini yang harus kita antisipasi, kalau tidak, kalah kita dengan negara lain,” katanya.

Sedangkan untuk jurusan dan fakultas sosial politik, ada jurusan baru yang berkaitan dengan media sosial.

“Ini akan memengaruhi karena interaksi individu sekarang melalui sosial media 5-10 tahun mendatang gen Y akan menentukan pasar, memengaruhi politik, ekonomi, semua negara sudah membicarakan itu,” ujarnya.

Menurut Presiden, dunia maya mendominasi sosial politik sehingga suasana politik cepat berubah. Sehingga perilaku politisi dan pejabat cepat berubah. “Ini perlu disiapkan dan antisipasi,” katanya.

Untuk itu, Presiden juga meminta tatanan hukum juga perlu dipersiapkan agar tidak pontang-panting akibat perubahan cepat.

“Regulasi belum siap, tiba-tiba ada praktik jenis baru, ada model kontrak yang belum dikenal sebelumnnya, bentuk kejahatan yang tak ada dalam regulasi yang kita punyai,” ungkapnya.

Baca: Indonesia Bakal Punya Universitas Islam Internasional Lho!

Presiden berharap hukum harus dipaksa untuk mengejar guna antisipasi perubahan.

“Kita harus menyiapkan itu karena perubahan itu transisi semua negara sudah memerlukan,” katanya.

Dalam kesempatan ini Presiden juga mengucapkan selamat hari jadi Unpad ke-60.

“Selamat berjuang mengikuti perubahan,” harapnya.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait