1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Kampus Baru UNTIRTA Ditargetkan Jadi Pusat Food Security

Kategori

Kampus Baru UNTIRTA Ditargetkan Jadi Pusat Food Security

Kampus Baru UNTIRTA Ditargetkan Jadi Pusat Food Security

Rating: 1 - out of 5stars
27 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) merupakan salah satu kampus hasil pengembangan proyek 4 in 1 yang didanai langsung oleh Islamic Development Bank (IsDB). Total nilai investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 825M. Pembangunan infrastruktur dan bangunan kampus baru terdiri dari 11 gedung di atas lahan seluas 12 Ha berlokasi di Desa Sindangsari Pabuaran Kabupaten Serang.

Dilansir dari laman Ristekdikti, Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan persaingan ketat dan arus informasi yang pesat dalam semua sektor, menuntut Negara untuk memiliki daya saing yang kuat agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.

Oleh karena itu sektor pendidikan tinggi harus bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. Salah satu elemen penting untuk mencapai hal tersebut adalah ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan kondusif bagi iklim pendidikan tinggi.

Baca: Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Deklarasikan Kampus Anti Korupsi

Proyek 4 in 1 diusulkan untuk dapat berkontribusi pada tujuan strategis pemerintah dalam pembangunan perguruan tinggi yaitu meningkatkan daya saing melalui peningkatan ranking perguruan tinggi Indonesia, peningkatan indeks inovasi Indonesia dan memberikan kontribusi untuk mencapai mutu pendidikan pada tahun 2030.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menyebutkan proyek tersebut merupakan pinjaman negara yang nilainya cukup besar. Untuk itu pihaknya berharap, pendanaan tersebut dapat menghasilkan gedung sesuai yang direncanakan.

“Mudah-mudahan proyek ini bisa lancar, tidak ada masalah dan bisa dikerjakan dengan baik,” imbuhnya saat Pemancangan Tiang Pertama (“Groundbreaking”) Kampus Terpadu UNTIRTA, Rabu (26/9).

UNTIRTA merupakan salah satu dari empat perguruan tinggi yang memperoleh pendanaan dari IsDB. Dana ini merupakan dana pendamping dari Pemerintah dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Salah satu capaian yang akan diwujudkan melalui proyek ini yakni Untirta akan menjadi Pusat Unggulan IPTEK dibidang Food Security. Hal ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat dan peningkatan daya saing bangsa.

Baca: Prodi Teknik Mesin Universitas Pertamina Jadi Mitra Konferensi FEOFS 2018

Sekretaris Daerah Provinsi Banten, H. Ino S Rawita mengharapkan kedepannya Untirta dapat meningkatkan kualitasnya sehingga dapat mencetak lulusan yang kompeten, memiliki skill yang dibutuhkan dunia usaha maupun menciptakan lapangan pekerjaan sendiri (enterpreneurship).

Di Provinsi Banten sendiri terdapat sekitar 17.261 perusahaan yang memerlukan dukungan sumberdaya manusia dari sektor pendidikan.

Sumber https://ristekdikti.go.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait