1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Kamu Pelajar Indonesia? Sudah Tau Sejarah Hari Guru Nasional?

Kategori

Kamu Pelajar Indonesia? Sudah Tau Sejarah Hari Guru Nasional?

Kamu Pelajar Indonesia? Sudah Tau Sejarah Hari Guru Nasional?

Rating: 0.0 - out of 5stars
25 November 2016 0 Komentar
Penulis:

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Secara serentak sekolah-sekolah di tanah air mengadakan rangkaian kegiatan guna memperingati hari bersejarah tersebut, ada yang melaksanakan upacara, makan bersama, mengadakan aneka lomba, doa bersama dan lain sebagainya. Bagaimana di sekolahmu? Kegiatan apa yang sedang dilaksanakan?

Namun, Apakah kamu sudah mengetahui sejarah lahirnya hari guru ini? Jika belum yuk kita pelajari dulu!

Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini bertepatan pula dengan hari lahirnya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Peringatan hari guru ini ditetapkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Jika ditelisik mendalam terkait sejarah diperingati hari guru nyatanya cukup menarik untuk dipelajari. Dimulai dari awal organisasi perjuangan guru-guru pribumi dibentuk di masa sebelum kemerdekaan atau masih pada zaman Belanda. Persatuan/organisasi guru tersebut berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Anggotanya hanya mencakup guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan pemilik sekolah saja.

Akan tetapi, setelah dua dekade berdiri, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Perubahan nama ini terjadi lantaran para guru ingin memerdekakan diri mereka dan ingin terlepas dari bayang-bayang penjajahan Belanda.

Perjuangan tak berhenti begitu saja, di era penjajahan Belanda yang digantikan oleh Jepang, justru hampir semua organisasi guru dilarang bahkan banyak sekolah yang ditutup. Hal ini menjadikan organisasi PGI tidak dapat menjalankan aktivitas seperti sedia kala.

Kemudian, setelah Proklamasi Kemerdekaan dilontarkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Para guru yang tergabung dalam organisasi tersebut kembali melakukan pertemuan, guna membentuk Kongres Guru Indonesia tepatnya pada tanggal 24 hingga 25 November 1945 yang berlokasi di Surakarta.

Dari hasil kongres menyatakan jika pada tanggal 25 November 1945 organisasi PGRI berdiri. Dan sebagai wujud rasa penghormatan dan terima kasih kepada para guru, pemerintah langsung menetapkan hari lahir PGRI bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang dirayakan setiap tahun.

Sudah jelas sejarahnya? Berat bukan? Oleh karenanya pantas saja jika kita para pelajar Indonesia wajib menghormati jasa-jasa para guru. Lantas, sudahkah kalian berterima kasih kepadanya?

Selamat Hari Guru Nasional 2016 🙂

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait