1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Langkah Universitas Pertamina Lahirkan Sarjana Plus

Kategori

Langkah Universitas Pertamina Lahirkan Sarjana Plus

Langkah Universitas Pertamina Lahirkan Sarjana Plus

Rating: 1 - out of 5stars
23 November 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Pertamina (UP) memang belum lama beroperasi, namun universitas baru ini berdedikasi tinggi untuk melahirkan alumni yang memiliki skill lebih dan mampu bersaing di dunia kerja. Salah satu dedikasinya yakni untuk menghasilkan Sarjana Plus.

Sarjana Plus, Apa itu?


“Sarjana Plus ialah lulusan yang memiliki tingkat kecendikiaan sekaligus memiliki kecakapan untuk bekerja di industri. Lulusan UP merupakan scholar atau cendekia yang tidak hanya menguasai keilmuan, namun juga memiliki karakter profesional” ungkap rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka, Ph.D., dalam press release di laman UP (9/11).

Baca juga: Universitas Pertamina Terima 1.235 Maba

Adapun langkah yang diambil untuk menghasilkan sarjana plus, yakni dengan menyusun kurikulum berstandar pendidikan global. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan materi keilmuan dan sekaligus pengalaman kerja/ magang di dunia industri.

Di tahun pertama (semester satu dan dua) para mahasiswa UP akan mendapatkan mata kuliah sains dasar. Mata kuliah ini diambil, karena UP ingin mematahkan anggapan bahwa universitas yang didirikan oleh korporat seringkali tidak mumpuni dalam aspek scientific. Oleh karenanya, di tahun pertama inilah mahasiswa akan dibekali mata kuliah sains dasar, untuk menguatkan logical thinking para mahasiswa.

Sedangkan di tahun kedua, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan yang tidak hanya diajarkan oleh akademisi, namun juga oleh kalangan praktisi industri. Setelah melewati tahun pertama, materi yang diajarkan bukan lagi materi ilmu dasar, tetapi penguatan di bidangnya masing-masing. Proses belajar mengajar mengarah kepada kompetensi di bidang industri, khususnya industri energi dan energi terbarukan. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena UP memiliki dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri (close to the industry), bahkan UP lahir dari dunia industri.

Baca juga: 16 Prodi Universitas Pertamina Siap Tampung 1000 Mahasiswa

Menurut Rektor, jika dilihat dari pengalaman selama ini, banyak sarjana-sarjana dengan indeks prestasi komulatif (IPK) tinggi tidak mampu lolos dalam seleksi kerja. Hal ini lantaran para lulusan tersebut tidak dibekali dengan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Universitas Pertamina akan mengenalkan para mahasiswa lebih awal tentang bagaimana berinteraksi dengan dunia industri. UP dengan dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) akan memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan karakter profesional di dunia kerja.

Pelaku utama bisnis energi di Indonesia akan memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk menimba ilmu pengetahuan, penelitian, dan magang di PT Pertamina (Persero) dan seluruh anak perusahaan PT Pertamina (Persero) serta mitra kerjanya. Dengan proses ini diharapkan proses belajar mengajar di UP dapat menjembatani antara dunia akademisi dan industri. Sehingga sarjana lulusan UP selain memiliki keilmuan yang cukup kuat juga memiliki karakter profesional untuk terjun di dunia industri. Selamat berjuang para calon sarjana plus dan mari bergabung dengan Universitas Pertamina.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait