1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mahasiswa UGM Temukan Salep Luka Untuk Penderita Diabetes

Kategori

Mahasiswa UGM Temukan Salep Luka Untuk Penderita Diabetes

Mahasiswa UGM Temukan Salep Luka Untuk Penderita Diabetes

Rating: 1 - out of 5stars
31 Agustus 2018 0 Komentar
Penulis:

Mahasiswa UGM kembali mengembangkan inovasi di bidang kesehatan. Tiga mahasiswa tersebut yakni Erman Satya Nugraha, Dedy Setiawan dan Dion Adiriesta Dewananda, yang mana berhasil menemukan salep luka untuk penderita diabetes.

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang berisiko tinggi bagi penderitanya. Apalagi jika sang penderita mengalami luka maka akan memerlukan perawatan lebih ekstra untuk proses penyembuhan. Biasanya, penyembuhan luka tersebut dapat menggunakan antibiotik, namun penggunaan antibiotik dalam jangka panjang dapat memicu resistensi bakteri.

Kondisi tersebut mendorong tiga mahasiswa UGM ini untuk mencari solusi guna mengatasi persoalan yang ada. Mereka mencari alternatif obat untuk mengatasi infeksi Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) pada luka diabetes, dengan meracik jahe merah sebagai bahan salep luka penderita diabetes.

Baca: Mahasiswa UI Ciptakan Alat Bantu Baca Buku Bagi Tuna Netra

Dilansir dari laman resmi UGM, Erman menyampaikan bahwa ekstrak jahe merah mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri. Senyawa tersebut antara lain flavonoid quersetin, flavonoid rutin, tanin, saponin, fenol, steroid dan alkaloid.

“Berbagai senyawa itu merupakan golongan senyawa yang bersifat bakterisidal kuat dengan mekanisme agonis, seperti membuat pori pada dinding sel bakteri, menghambat enzim sintesis protein, merusak DNA serta inhibisi kereaktifan membran sel,” paparnya, Senin (27/8) di Kampus UGM.

Selain itu, kandungan senyawa fenol, imbuhnya, dapat berperan dalam vasodilatasi dan pembentukan pembuluh darah baru yang membantu kesembuhan jaringan luka.

Dalam praktiknya mereka mengolah jahe merah yang banyak tersedia di alam Indonesia menjadi salep jahe merah. Selanjutnya, diujikan pada hewan coba yakni tikus selama 15 hari.

“Hasilnya, salep jahe merah terbukti mampu mempercepat kesembuhan luka diabetes yang terinfeksi MRSA dibandingkan dengan salep antibiotik komersial,” ungkapnya.

Baca: Mahasiswa UM Temukan Software Pendeteksi Tindak Kriminalitas

Ketiga mahasiswa muda ini berharap penggunaan salep jahe merah ini bisa mencegah timbulnya resistensi bakteri. Selain itu, bisa menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan luka penderita diabetes.

Sumber https://ugm.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait