1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Penjernih Air “REOSQUIDO”

Kategori

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Penjernih Air “REOSQUIDO”

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Penjernih Air “REOSQUIDO”

Rating: 1 - out of 5stars
09 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Reserve Osmosis Liquidov (REOSQUIDO) merupakan salah satu hasil inovasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, berupa alat penjernih air untuk mengatasi masalah ketersediaan air. Adapun latar belakang penemuan ini adalah ketersediaan alat pengadaan air bersih yang tidak merata dan harganya yang cenderung sangat mahal, letak geografis, keterbatasan akses, pertumbuhan populasi manusia yang terus meningkat, serta pencemaran sumber air bersih, hingga berdampak pada kesehatan dan ketersediaan air bersih.

REOSQUIDO ini memanfaatkan bahan baku air laut melalui proses desalinasi. Alat ini menggunakan metode evaporasi dari sinar UV dan mikrokontroller yang dapat mengubah air laut menjadi air layak minum sekaligus kristal garam.

REOSQUIDO diciptakan oleh tim mahasiswa UNY yang terdiri atas Ersyah Yulia Nur (Pendidikan Sejarah), Alsa Rizki Safitri (Kimia), Mia Isnaningrum (Pendidikan Kimia), Muhammad Abdul Azis (Teknik Elektronika), dan Dedi Nurohman (Pedidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Menariknya, ciptaan mahasiswa UNY ini berhasil meraih penghargaan dari ajang bergengsi internasional – IPITEX 2018 (International Intellectual Property, Invention, Innovation And Technology Exposition) di Bangkok, Thailand.

Baca: Mahasiswa USU Bikin Alat Pendeteksi Diabetes

Kompetisi yang diadakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) bekerjasama dengan Internation Federation of Inventor’s Associations (IFIA) diikuti oleh 24 negara yakni Kanada, China, Mesir, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Lebanon, Makau, Malaysia, Filipina, Polandia, Rumania, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Uni Emirate Arab, Inggris, Vietnam dan Thailand.

Delegasi dari UNY berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus dalam ajang IPITEX 2018. Adapun penghargaan yang berhasil diraih antara lain adalah Gold Medal dan Innovation Award dalam kategori teknologi yang diberikan oleh Rektor University of Craiova Romania, dan Bronze Medal yang diberikan oleh National Research Council of Thailand (NRCT). Ersyah, ketua tim dari UNY, berharap alat yang mereka ciptakan ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan, khususnya untuk masyarakat daerah pesisir yang memiliki keterbatasan air bersih.

Baca: UI Kenalkan Produk Kecantikan “Belimbing Island”

 

Sumber :  AyoKuliah.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait