1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mahasiswi UI Jadi Pemenang Pilmapres Nasional 2018

Kategori

Mahasiswi UI Jadi Pemenang Pilmapres Nasional 2018

Mahasiswi UI Jadi Pemenang Pilmapres Nasional 2018

Rating: 1 - out of 5stars
16 Juli 2018 0 Komentar
Penulis:

Rangkaian kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional tahun 2018 telah usai, nama-nama pemenangpun telah diketahui. Dengan bangga mahasiswi asal Universitas Indonesia (UI) menyandang gelar sebagai Juara Utama Pilmapres Nasional 2018. Evita Martha Dewi, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2015 ini mampu mengalahkan beberapa peserta lainnya.

Sebagai informasi, Pilmapres Nasional 2018 ini berlangsung selama empat hari, dari 9 – 12 Juli 2018. Adapun rangkaian acara mulai dari pendaftaran sudah berlangsung sejak bulan April lalu.

mahasiswi-ui-jadi-pemenang-pilmapres-nasional-2018

Tema karya ilmiah Pilmapres Nasional tahun ini adalah “Sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi serta berkarakter yang siap memasuki era revolusi industri 4.0”, para peserta pada tahap ini harus mempresentasikan karya ilmiahnya yang disesuaikan dengan tema tersebut.

Baca: Kemendikbud Cari 30 Penerima Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Di IKJ

Dilansir dari laman resmi UI, Martha telah melakukan beberapa persiapan sebelumnya dalam menghadapi sesi presentasi ini, diantaranya adalah simulasi presentasi dan bimbingan karya tulis yang didampingi oleh dosen pembimbing.

“Yang terpenting adalah melakukan pendalaman materi karya ilmiah yang dipresentasikan,” tambahnya.

Dalam melakukan berbagai persiapan ini, ia mengatakan yang paling penting adalah ketekunan, kerja keras, dan mau bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Saya percaya bahwa kalau seseorang telah bekerja keras untuk tujuan yang positif dan memiliki itikad baik , maka pasti akan bisa mencapai cita-citanya,” tambahnya.

Dengan karya ilmiah yang berjudul “Strategi Integrasi Lembaga Keuangan untuk Penyaluran Kredit Mikro di Indonesia,” Evita mengangkat isu tentang penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tengah dijalankan pemerintah yang dinilainya kurang efektif dalam menyasar usaha kecil.

Dalam karya ilmiahnya tersebut, Martha menawarkan sebuah model bernama InBank System yang mengintegrasikan lembaga keuangan mikro, bank umum, dan juga perusahaan finansial teknologi untuk menyalurkan kredit mikro Indonesia.

Baca: Pemenang UTU Awards Dihadiahi Beasiswa Ke Luar Negeri!

Kerja sama yang akan terbangun di dalam sistem ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan dan biaya dari penyaluran kredit ke masyarakat secara lebih efisien dan terintegrasi dengan UMKM, terutama usaha mikro.

Pilmapres Nasional 2018 ini diikuti oleh 252 peserta yang berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia dan terdiri dari 26 finalis yang terdiri atas 17 mahasiswa berasal dari program Sarjana dan 9 mahasiswa dari program Diploma.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait