1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mau Lihat Hasil Karya Mahasiswa UGM? Kesini Yuk!

Kategori

Mau Lihat Hasil Karya Mahasiswa UGM? Kesini Yuk!

Mau Lihat Hasil Karya Mahasiswa UGM? Kesini Yuk!

Rating: 1 - out of 5stars
21 September 2016 0 Komentar
Penulis:

Mau lihat hasil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada? Silahkan datang ke UGM Expo 2016. Disini kamu akan menemukan pameran hasil karya cipta mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Pameran secara resmi dibuka pada tanggal 20 September, di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Pameran diadakan dalam rangka untuk memperkenalkan seluruh hasil karya cipta UGM kepada masyarakat luas dan mitra-mitra UGM.

UGM Expo 2016 berlangsung selama 6 hari, mulai 20 – 25 September 2016. Disini para pengunjung dapat menyaksikan sejumlah produk riset terapan di bidang kesehatan, manufaktur, rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, agro, serta energi terbarukan. Beberapa diantaranya adalah selang untuk penderita hidrosepalus (Ina Shunt), robot kapal tanpa awak, mobil listrik, koleksi aneka hewan yang diawetkan, bahkan bisa berbelanja aneka hasil pertanian organik. Ada apa lagi ya?

UGM Duduki Peringkat Pertama Versi 4ICU

 

 

Dilansir dari laman UGM, Ketua Panitia UGM Expo, Prof. Dr. Ir. Sri Rahrajo, M.Sc., menyampaikan bahwa UGM Expo dirancang sebagai proses penyebaran informasi hasil karya cipta dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat UGM. Mengambil tema ‘Inovasi Membumi Untuk Negeri” melalui kegiatan ini diharapkan berbagai produk UGM dapat terhilirisasi dengan baik sehingga mampu meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa.

Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., mengatakan UGM sebagai lembaga perguruan tinggi mendapatkan mandat untuk secara nyata berkontribusi pada peningkatan daya saing dan kesejahteraan bangsa. Salah satunya dengan mengembangkan produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Misalnya saja di bidang kesehatan telah melahirkan inovasi seperti stent jantung dan bio medical engineering dan masih banyak lainnya. Semuanya telah memasuki tahap hilirisasi ke industri,” tuturnya.

Kegiatan UGM Expo 2016 ini diharapkan dapat menjadi media informasi yang baik dalam menyampaikan hasil riset inovatif dan terobosan-terobosan di bidang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, pengembangan UGM sebagai universitas berkelas dunia tetap berakar pada kehidupan masyarakat.

8 Kampus Favorit di Yogyakarta, Mana Tujuanmu?

 

“Kegiatan ini juga sebagai bukti bahwa UGM selalu hadir untuk mendukung pembangunan manusia baik di bidang pendidikan dan kesehatan maupun pembangunan sosial ekonomi,”paparnya.

Dwikorita menyebutkan bahwa hilirisasi riset inovatif merupakan cara untuk mendukung pembangunan masyarakat. Dengan implementasi riset yang baik, kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Oleh karena itu, sudah selayaknya universitas bergandeng erat dengan pemerintah dan swasta saling bahu-membahu untuk mendukung daya saing bangsa,” katanya.

Sebagai bentuk mendukung daya saing bangsa, UGM melakukan kerja sama dengan 21 institusi baik pemerintah daerah, badan layanan kesehatan, perguruan tinggi, BUMN, serta industri. Penandatanganan nota kesepahaman bersama dilakukan saat pembukaan UGM EXPO 2016. Adapun kerja sama dilakukan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, implementasi tridharma perguruan tinggi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait