1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Menristekdikti Targetkan 3.500 Perguruan Tinggi Terakreditasi Di Tahun 2019

Kategori

Menristekdikti Targetkan 3.500 Perguruan Tinggi Terakreditasi Di Tahun 2019

Menristekdikti Targetkan 3.500 Perguruan Tinggi Terakreditasi Di Tahun 2019

Rating: 1 - out of 5stars
05 September 2017 0 Komentar
Penulis:

Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Dari ribuan perguruan tinggi tersebut baik negeri maupun swasta, hanya ada beberapa persen saja yang telah terakreditasi. Sisanya, masih ada sebanyak kurang lebih 3.500 perguruan tinggi belum terakreditasi. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi tersebut harus memperbaiki akreditasi.

“Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia masih terakreditasi C. Untuk itu, perguruan tinggi perlu memperbaiki dan meningkatkannya,” ujar Mohamad Nasir usai memberikan kuliah perdana di Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya, Senin (4/08).

Baca: Akhirnya, Unusa Raih Akreditasi Institusi B!

Nasir menambahkan bahwa perguruan tinggi dikatakan baik apabila akreditasi dan pemeringkatannya baik pula. Rata-rata perguruan tinggi di Indonesia masih berakreditasi C. Pemerintah, perguruan tinggi serta seluruh pemangku kepentingan memiliki peran masing-masing dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

“Pemerintah berperan melalui penerapan regulasi yang mendukung iklim sehat bagi peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah akreditasi institusi, kami telah melakukan pendampingan kepada perguruan tinggi terakreditasi B supaya bisa meningkat menjadi akreditasi A” katanya.

Dia juga menjelaskan pendampingan itu terbukti mampu meningkatkan akreditasi. Pada tahun 2016 terjadi peningkatan akreditasi dari B ke A sebanyak 24 perguruan tinggi. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2015, yang mana hanya meningkat sejumlah 5 perguruan tinggi.

“Pendampingan terus diakukan agar peguruan tinggi terakreditasi A bisa lebih merata, tidak hanya terkonsentrasi di daerah Jawa” kata dia.

Baca: 12 Prodi Universitas Riau Terakreditasi A

Selain itu, Kemristekdikti telah menargetkan pada tahun 2019, sebanyak 3.500 perguruan tinggi sudah terakreditasi dengan nilai minimal C. Akreditasi tersebut menurutnya berkaitan dengan daya saing bangsa, yang dapat dicapai salah satunya dengan menjadikan lulusan perguruan tinggi sebagai tenaga kerja yang terampil dan berkualitas.

“Kami juga akan melakukan penggabungan perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi,” ujar dia.

Tertarik melihat perguruan mana saja yang telah terakreditasi A, B maupun C?. Silakan kunjungi laman Ayokuliah untuk informasi selengkapnya.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait