1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Alasan Dibalik Pergantian Nama Fakultas Kedokteran UGM

Kategori

Alasan Dibalik Pergantian Nama Fakultas Kedokteran UGM

Alasan Dibalik Pergantian Nama Fakultas Kedokteran UGM

Rating: 1 - out of 5stars
06 Maret 2018 0 Komentar
Penulis:

Fakultas Kedokteran UGM (Universitas Gadjah Mada) memiliki nama baru. Setelah melalui proses yang cukup panjang , akhirnya nama fakultas ini berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK). Perubahan nama ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar pada hari Senin, 5 Maret 2018.

Perubahaan nama ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Seperti yang dituturkan oleh Dekan FKKMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., SpOG(K)., bahwa perubahan nama ini dirasa perlu mengingat ilmu yang terus berkembang.

Sejarah Panjang Fakultas Kedokteran UGM Hingga Berganti Nama

Pada awalnya, fakultas ini hanya mewadahi civitas akademika yang ingin menekuni Ilmu Kedokteran saja. Tepatnya, pada tanggal 5 Maret 1946,  Fakultas Kedokteran UGM ini mulai berdiri. Seiring berjalannya waktu, masuklah beberapa cabang ilmu lain yaitu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, dan Keperawatan di fakultas ini.

Baca: Jalur UM PTKIN Dibuka April 2018!

Karena ilmu yang dipelajari di fakultas ini makin berkembang, perubahan nama fakultas pun mulai menjadi wacana selama 10 tahun terakhir. Hingga keputusan final disampaikan dalam sidang pleno di FK UGM pada bulan Oktober tahun lalu.

Dikutip dari situs resmi Ugm.ac.id, disebutkan bahwa keputusan ini didukung dengan adanya Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM No.3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA No.4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM pada November 2017.

Setelah pemberlakukan nama baru ini, semua civitas akademika yang ada di bawah naungan fakultas ini  bisa terakomodasi dengan baik.  FKKMK ini mampu mewadahi 32 departemen di bawah satu atap. Selain itu, keputusan ini juga dinilai sejalan dengan rencana startegis FKKMK untuk terus mengikuti perkembangan ilmu yang ada.

Baca: UNEJ Terima 2.317 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN 2018

Buat kamu yang akan mendaftar di fakultas ini, jangan sampai bingung dengan nama barunya, ya. Semoga saja dengan nama baru ini, FKKMK UGM akan terus  melahirkan pahlawan-pahlawan baru dalam dunia kedokteran di Indonesia.

© Photo cover via Ugm.ac.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait