1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. PBA UMY Terapkan Pembelajaran Online

Kategori

PBA UMY Terapkan Pembelajaran Online

PBA UMY Terapkan Pembelajaran Online

Rating: 1 - out of 5stars
05 Oktober 2018 0 Komentar
Penulis:

ini. Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan segera menerapkan pembelajaran online. Pembelajaran Bahasa Arab online ini dilaksanakan berkat kerja sama antara UMY dengan Universitas Elektronik Saudi.

Kerjasama ini melalui Ittihad Muallimii al Lughah al Arabiyah (IMLA), yakni sebagai asosiasi pengajar bahasa Arab di Indonesia. Mereka merangkul sekitar 45 perguruan tinggi dan lembaga se-Indonesia dengan menandatangani MoU. Penandatanganan dilangsungkan di Universitas Negeri Malang pada 28-29 September 2018 lalu.

Dilansir dari laman resmi UMY, tujuan dari pembelajaran online adalah untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan. Selain itu, sebagai upaya untuk menyukseskan program dan kebijakan universitas dalam hal penyelenggaraan perkuliahan secara online. Arif Humaini, S.S., M.Hum selaku dosen dari PBA UMY mengatakan ada dua manfaat besar dari terjalinnya kerjasama ini.

Baca: Sistem Informasi Akademik: Pengertian dan Manfaat

“Pertama, proses penerapan pembelajaran akan didapat secara gratis yang mana jika secara mandiri, pembelajaran digital tersebut harus berbayar. Kedua, terdapat 796 video interaktif, 12.000 file mp3, dan 6.320 gambar pembelajaran, serta ribuan latihan praktif,” kata Arif saat dihubungi pada Rabu (3/10).

UMY sebagai salah satu universitas yang peka terhadap perkembangan teknologi sangat merespon positif dan mendukung terobosan baru dari Prodi PBA. Di samping itu satu tahun belakangan ini UMY memang sudah ikut berkiprah dalam meramaikan hibah SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) yang diadakan Dikti secara nasional, dan UMY masuk ‘Top Five’ yang dibuktikan dengan banyaknya proposal yang lolos dan mendapatkan hibah. UMY juga telah berkomitmen yakni pada tahun 2021 Universitas akan mewajibkan seluruh matakuliah untuk menggunakan sistem elearning sesuai dengan pembelajaran daring yang sudah disediakan di fakultas atau prodinya masing-masing.

Baca: Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

“UMY sangat mendukung terhadap kegiatan-kegiatan yang mengarah terhadap kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan yang akan dilakukan oleh Fakultas maupun Prodi, seperti yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Hal ini tentunya seiring dan sejalan dengan semangat universitas yang selama ini sedang dan akan mengembangkan proses pembelajaran secara online,” ujar Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. melalui rilis yang diterima Biro Humas pada Selasa (2/10).

Sumber http://www.umy.ac.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait