1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Pekan Budaya India Akan Digelar Di UIN Sunan Kalijaga

Kategori

Pekan Budaya India Akan Digelar Di UIN Sunan Kalijaga

Pekan Budaya India Akan Digelar Di UIN Sunan Kalijaga

Rating: 1 - out of 5stars
06 Desember 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga siap menggelar India Cultural Week (ICW) atau Pekan Budaya India pada tanggal 17 – 23 Desember 2018. Kegiatan ini merupakan sebuah momentum untuk mempererat hubungan antara Indonesia khususnya Yogyakarta dengan India. Kegiatan ini akan digelar melalui kerja sama Kedubes India di Indonesia dengan UIN Sunan Kalijaga.

Prakash Gupta, Wakil Duta Besar India untuk Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa hubungan India dan Indonesia selama ini juga sangat baik. Bahkan sudah terjalin semasa pemerintahan PM Nehru dan Presiden Soekarno. Jalinan sejarah tersebut yang tidak bisa dilepaskan hingga kami ingin melanjutkannya.


Menurut laman resmi UIN Sunan Kalijaga, kegiatan ini akan bernuansa budaya dan pariwisata dengan mendatangkan langsung dari India. Dengan demikian diharapkan masyarakat makin mengenal India dengan segala latar belakang dan dinamika yang dimiliki guna makin mengakrabkan hubungan dua negara maupun antarorang perorang di dua negara tersebut, sebagaimana dituturkan oleh Prakash.

Baca: Perayaan Dies Natalis Universitas Brawijaya Ke-56 Berlangsung Semarak

Event menarik

Kegiatan ICW 2018 sendiri akan disemarakkan sejumlah event menarik, seperti Yoga pada 17 Desember, Pameran Foto digelar 17 – 23 Desember, seminar pendidikan pada 17 Desember, event budaya seperti tarian dan musik India dilangsungkan 17 Desember di UIN Sunan Kalijaga hingga festival Makanan India yang akan berlangsung berbarengan.

“Kami akan datangkan langsung koki dari India agar cita rasanya benar-benar sesuai dan khas India,” sebut Prakash saat bersilaturahmi ke UIN Sunan Kalijaga.

Selain itu dalam ICW ini juga akan digelar seminar pendidikan dan Festival Film India selama tujuh hari dengan menampilkan tujuh film terbaru Bollywood. Tentunya semua sajian menarik ini dapat diikuti masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dalam mengenai pendidikan dan kebudayaan India.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. KH. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menjelaskan, kegiatan ini akan makin membuka informasi tentang India yang merupakan negara demokrasi dengan masyarakatnya yang plural. Bahkan, India yang selama ini dikenal identik dengan Hindu menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar kedua setelah Indonesia.

Baca: Menristekdikti Resmikan Laboratorium Honeywell UGM

“Penyelenggaraan ICW di UIN Sunan Kalijaga juga merupakan bentuk pengakuan internasional sehingga sejalan serta mendukung upaya kami menjadi universitas kelas dunia. Selain itu juga wadah melatih keluarga besar UIN Sunan Kalijaga untuk berinteraksi secara internasional melalui pendekatan budaya,” kata Yudian.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait