1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tahun Ini, Jumlah Peminat PMDK-PN Naik 13%

Kategori

Tahun Ini, Jumlah Peminat PMDK-PN Naik 13%

Tahun Ini, Jumlah Peminat PMDK-PN Naik 13%

Rating: 5.0 - out of 5stars
24 April 2019 1 Komentar
Penulis:

Setelah seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) ditutup dan telah menghasilkan nama-nama siswa yang diterima, ada hal menarik yang perlu kamu ketahui. Hal tersebut yakni di tahun ini jumlah peminat atau pendaftar seleksi PMDK-PN naik hingga 13%.

Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan jumlah pendaftar tahun ini sebanyak 206.852 siswa yang mana tahun lalu sekitar 183.827 siswa. Para pendaftar tahun ini berasal dari 8.421 sekolah asal. Nah, dari jumlah pendaftar tersebut terdapat sebanyak 16.666 siswa lulus seleksi PMDK-PN. Siswa tersebut diterima di 42 politeknik negeri di seluruh Indonesia. Selamat ya!

“Angka pendaftar PMDK-PN naik sebesar 13% dari tahun lalu, yakni dari 183.827 siswa menjadi 206.852 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang berminat untuk studi lanjut di politeknik naik secara signifikan. Bahkan di beberapa politeknik, ada kenaikan pendaftar mencapai hampir 30%,” ungkap Menristekdikti sebagaimana dilansir dari Ristekdikti.

Baca: Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Dibuka Hingga 30 April 2019!

Menristekdikti mengimbau agar siswa yang dinyatakan lolos dan memiliki keterbatasan di bidang ekonomi untuk mendaftar Bidikmisi. Saat ini, Kemenristekdikti telah menyiapkan sebanyak 10.000 beasiswa bagi mahasiswa Politeknik yang lolos jalur PMDK-PB dan UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri).

Menteri Nasir menjelaskan bahwa kenaikan animo siswa untuk mendaftar di politeknik menunjukkan bahwa baik siswa dan orang tua siswa sudah teredukasi dengan baik tentang politeknik. Politeknik bukan lagi menjadi pilihan kedua, namun menjadi perguruan tinggi pilihan untuk menjadi lulusan terampil dan berkompetensi.

“Diharapkan kita bisa meningkatkan fasilitas yang ada di politeknik. Pemerintah ingin mendorong penyiapan tenaga kerja profesional, apa yang sudah dilakukan di tahun 2018 dan 2017 ternyata mengalami kemajuan yang luar biasa di politeknik yaitu dengan cara mendapatkan sertifikat kompetensi,” tutur Nasir.

Baca: PMB Sekolah Kedinasan AKMET Dibuka Hingga Juni 2019!

Menristekdikti menyampaikan nantinya Kemenristekdikti akan mengintegrasikan seleksi masuk politeknik dengan jalur SNMPTN maupun SBMPTN, untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas sesuai dari kompetensinya masing-masing.

Sumber: RISTEKDIKTI

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Renaldi estevan sitepu on Ayo Kuliah
Coba coba

Thanks

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait