1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Peminat SNMPTN 2017 Naik Hingga 200 Ribu Orang, Berapa Jumlah Yang Diterima?

Kategori

Peminat SNMPTN 2017 Naik Hingga 200 Ribu Orang, Berapa Jumlah Yang Diterima?

Peminat SNMPTN 2017 Naik Hingga 200 Ribu Orang, Berapa Jumlah Yang Diterima?

Rating: 1 - out of 5stars
21 Maret 2017 0 Komentar
Penulis:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 sudah memasuki tahap cetak kartu pendaftaran. Kamu sudah memiliki kartu ini? Jika belum, yuk segera cetak kartu pendaftaran SNMPTN paling lambat tanggal 14 April. Kartu ini berfungsi untuk melakukan daftar ulang saat kamu dinyatakan diterima!.

Berapa Jumlah Mahasiswa yang Diterima?


Pelaksanaan SNMPTN tahun ini yang diprediksikan sepi peminat, justru dibanjiri pendaftar dari berbagai wilayah. Tepat sepuluh tahun SNMPTN digelar, tahun ini merupakan tahun dengan jumlah pendaftar tertinggi. Pecah rekor ya?

Panitia SNMPTN mencatat jika pendaftar tahun 2017 mencapai 893.323 orang. Dibandingkan tahun sebelumnya hanya dipadati oleh 645.202 pendaftar. Tahun ini naik hingga 200 ribu pendaftar lho!. Tingginya animo pendaftar menunjukkan bahwa peminat kuliah di PTN terus bertambah dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Panitia SNMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan panita bersyukur bahwa jumlah pendaftar SNMPTN 2017 sangat banyak. “Jumlah pendaftar 893.323 orang itu berasal dari 18.002 unit sekolah di seluruh Indonesia” kata rektor UNS itu kemarin (15/3). Sementara itu kuota atau daya tampung SNMPTN tahun ini masih berkisar di angka 100 ribu kursi.

Sebanyak 800 ribu lebih pendaftar akan bersaing memperebutkan 100 ribu kursi di berbagai PTN yang mereka daftar. Jika gagal, masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dibuka April mendatang.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

Sebagai informasi, keputusan final kamu dinyatakan diterima atau tidak berada di tangan masing-masing perguruan tinggi. Perguruan tinggi tersebut nantinya yang akan mempertimbangkan rekam jejak akademik pendaftar. Selain itu juga akan mempertimbangkan nilai ujian nasional.

“Keputusan final kelulusan SNMPTN ada di tangan masing-masing rektor,’’ jelasnya. Panitia pusat hanya melakukan pemeringkatan berbasis data prestasi akademik siswa yang dimasukkan oleh sekolah. Ravik juga menegaskan kriteria lain SNMPTN adalah ujian nasional (unas).

Faktor Penyebab Tingginya Jumlah Pendaftar

Rektor UNS menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini naik signifikan. Diantaranya adalah sejumlah PTN baru yang bergabung, diantaranya UPN Veteran Jogjakarta, Jakarta, dan Jawa Timur. Kampus baru lainnya adalah Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Universitas Timor (Unimor), dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Terdapat sepuluh perguruan tinggi baru yang ikut serta di tahun ini. Tahun lalu hanya ada 64 perguruan tinggi, kini menjadi 74 perguruan tinggi.

Baca juga: Ini Dia 74 PTN Peserta SNMPTN 2017, Mana yang Kamu Pilih?

Setelah proses seleksi selesai, hasil SNMPTN akan diumumkan pada 26 April. Ravik mengingatkan keputusan akhir kelulusan SNMPTN adalah saat pelaksanaan daftar ulang atau verifikasi dokumen pada 16 Mei. Pada proses ini biasanya akan diketahui jika terjadi kecurangan penulisan prestasi akademik siswa. Misalnya praktik pengatrolan nilai rapor yang dimasukkan ke server PDSS SNMPTN oleh sekolah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait