1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang Raih Akreditasi A

Kategori

Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang Raih Akreditasi A

Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang Raih Akreditasi A

Rating: 0.0 - out of 5stars
22 Januari 2018 0 Komentar
Penulis:

Di Indonesia, belum banyak universitas yang membuka program studi Pendidikan Bahasa Jerman. Padahal jika dilihat, jumlah peminat program studi ini kian meningkat setiap tahunnya. Nah, sebagai salah satu universitas yang memiliki prodi Bahasa Jerman, Universitas Negeri Malang terus meningkatkan kualitas pendidikan yang dibukanya ini. Terbukti dengan diraihnya akreditasi A bagi prodi Pendidikan Bahasa Jerman.

“Itu juga yang membuat pendaftar semakin meningkat setiap tahun. Meskipun jika dibandingkan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris jelas masih kalah,” kata sekretaris Jurusan Sastra Jerman, Deddy Kurniawan MA sebagaimana dilansir dari Suryamalang.com, Minggu (21/1/2018).

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang menerima sekitar 75 mahasiswa dan peminatnya lebih dari 5 kali lipat dari jumlah tersebut.

Baca: Prodi Bahasa Korea, Di Kampus Mana Saja?

“Di kalangan prodi humaniora, jumlah itu masih di jajaran atas. Kalahnya jika dibandingkan dengan vokasional dan Bahasa Inggris,” lanjutnya.

Yang istimewa, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM menjadi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman pertama di Indonesia yang meraih akreditasi A sejak 2015.

“Prodi ini memang masih terbilang muda tapi sudah memiliki pengakuan luar biasa. Kami rutin pertukaran mahasiswa dan dosen ke Jerman dan satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Jerman yang pernah dikunjungi Duta Besar Jerman, serta Direktur Goethe Institut Asia Pasifik,” tutur Deddy.

Apalagi, peluang kerja bagi lulusan prodi Pendidikan Bahasa Jerman ini semakin terbuka lebar. Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Jerman berpotensi untuk menjadi penerjemah, pendidik bahasa Jerman, Tour Guide, dan masih banyak peluang lainnya. Kemudian kesempatan bekerja di perusahaan Jerman yang ada di Indonesia pun sangat memungkinkan bagi lulusan Bahasa Jerman.

“Lulusan kami termasuk beragam bidang kerjanya. Karena kebahasaan biasanya bagus peluangnya di banyak bidang. Terutama yang berkaitan dengan kepenulisan atau berbicara,” tutupnya.

Baca: Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

Bagi kamu yang tertarik masuk prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang, yuk persiapkan diri mulai dari sekarang. Kamu bisa mengikuti seleksi masuk seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk Seleksi Mandiri, nantinya Universitas Negeri Malang akan memberikan pengumuman lebih lanjut, apakah jalur ini akan dibuka atau tidak.

Ingat, tidak banyak peserta yang diterima di prodi Bahasa Jerman. Seperti yang tertulis di atas, hanya ada sekitar 75 mahasiswa saja yang diterima, jadi besar kemungkinan jumlah tersebut akan dibagi dari hasil SNMPTN minimal 30 persen, SBMPTN minimal 30 persen, dan sisanya untuk Seleksi Mandiri (jika dibuka).

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait