1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Penting, Inilah Alasan Mengapa Pendaftaran SBMPTN Diperpanjang!

Kategori

Penting, Inilah Alasan Mengapa Pendaftaran SBMPTN Diperpanjang!

Penting, Inilah Alasan Mengapa Pendaftaran SBMPTN Diperpanjang!

Rating: 4.0 - out of 5stars
08 Mei 2017 1 Komentar
Penulis:

Kabar gembira buat kamu yang belum mendaftarkan diri di SBMPTN 2017. Pasalnya, pihak panitia penyelenggara memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran. Semula pendaftaran SBMPTN ditutup pada tanggal 5 Mei pukul 22.00 WIB, nyatanya diperpanjang hingga Selasa, 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB. Apa alasannya?

Merawat Keindonesiaan

Alasan perpanjangan waktu ini diungkapkan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir Sabtu, 6 Mei 2017 di Semarang. Beliau menyatakan jika kebijakan memperpanjang pendaftaran SBMPTN 2017 adalah untuk merawat keindonesiaan.

“Bukan penundaan, tetapi perpanjangan pendaftaran” ungkap Nasir setelah menyampaikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Nasir menambahkan, banyak calon mahasiswa, terutama yang berada di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), kesulitan mendaftar lantaran tidak tersedia teknologi informasi yang memadai untuk mendaftar SBMPTN.

Baca juga: Persiapan Jelang Tes SBMPTN 2017, Apa Saja?

“Karenanya, diberikan waktu tambahan. Tujuannya, menjaring mereka yang punya potensi untuk bisa masuk PTN. Di daerah-daerah 3T, banyak yang belum terakses,” tutur Nasir.

Nasir juga mengingatkan akan keindonesiaan yang harus ditegakkan, mulai dari Sabang sampai Merauke, termasuk mereka yang tinggal di pulau-pulau terpencil, seperti di daerah 3T.

“Kita harus merawat Indonesia secara baik, dari Sabang sampai Merauke,” imbuh beliau.

Namun, meski waktu pendaftaran diperpanjang, pelaksanaan tes tertulis SBMPTN tetap dilaksanakan pada 16 Mei 2017. Sedangkan pada tanggal 17 Mei 2017 akan dilaksanakan ujian praktik untuk program studi tertentu (Seni dan Olahraga).

Sama halnya dengan ungkapan Ketua Panitia SBMPTN Prof DR Ravik Karsidi, mengatakan bahwa perpanjangan pendaftaran itu untuk memberikan kesempatan calon mahasiswa dari daerah 3T yang memiliki keterbatasan akses internet untuk mengikuti seleksi tersebut.

“Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei, pukul 16.00. Sementara, untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa, 9 Mei, pukul 16.00,” paparnya.

Ravik juga meminta peserta SBMPTN untuk melakukan cek lokasi ujian minimal sehari sebelum ujian dilaksanakan.

Lebih lanjut, Ravik menghimbau bagi peserta yang lolos SNMPTN 2017, bisa melakukan registrasi atau daftar ulang di PTN yang menerima pada 16 Mei 2017, bersamaan dengan tes tertulis SBMPTN.

Baca juga: 3 Jenis Soal SBMPTN Yang Harus Kamu Taklukan!

Informasi terkait perpanjangan waktu pendaftaran ini sudah diumumkan di situs resmi SBMPTN di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/awal.php. Segera lakukan pendaftaran dan lakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jangan lupa cetak kartu peserta dan persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk tes 16 Mei mendatang.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Siska on Ayo Kuliah
Sbmptn

Akhirnya diperpanjang juga, terima kasih informasinya sangat bermanfaat buat temanku di sana.

linecolor

    






Artikel Terkait