1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Presensi Kuliah Pakai Fingerprint, Bye Titip Tanda Tangan

Kategori

Presensi Kuliah Pakai Fingerprint, Bye Titip Tanda Tangan

Presensi Kuliah Pakai Fingerprint, Bye Titip Tanda Tangan

Rating: 0.0 - out of 5stars
05 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Bukan hal baru jika beberapa oknum mahasiswa melakukan aksi ‘titip tanda tangan’ saat perkuliahan. Meski dinilai curang tapi masih saja banyak oknum mahasiswa melakukan hal ini. Jika ditanya alasannya, “malas datang kuliah” adalah jawaban yang sering dilontarkan.

Hingga pada akhirnya munculah ide dari Universitas Padjajaran (Unpad) untuk menggunakan fasilitas fingerprint sebagai alat presensi mahasiswa. Jadi siapa yang bolos akan langsung tercatat secara sistem. Keren kan?

Rabu, 3 Agustus 2016, sebanyak 3.552 calon mahasiswa baru Universitas Padjajaran Tahun Akademik 2016/2017 berbondong-bondong mendatangi kampus untuk melaksanakan registrasi administrasi, dari jalur SBMPTN. Di saat yang bersamaan, Unpad juga melakukan registrasi sidik jari calon mahasiswa di mesin fingerprint. Ini terkait dengan kebijakan baru Unpad untuk menggunakan mesin fingerprint sebagai alat pencatatan kehadiran kuliah mahasiswa.

Direktur Pendidikan Unpad Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes., mengatakan, absensi fingerprint ini dilakukan dalam rangka persiapan program Tahapan Persiapan Bersama (TPB) bagi mahasiswa baru TA 2016/2017. Mesin ini akan dipasang di beberapa ruang kelas di seluruh gedung perkuliahan kampus Jatinangor.

Cara Unika Atma Jaya Hindari Perpeloncoan Saat Ospek

“Absen fingerprint ini terkoneksi dengan SIAT, sehingga akan ketahuan absensi setiap mahasiswa,” ujar Prof. Budi di sela pelaksanaan Wisuda Unpad, Rabu (03/08).

Lebih lanjut Prof. Budi mengatakan, karena dalam program TPB ini setiap kelas diisi oleh mahasiswa dari berbagai program studi, maka mesin fingerprint yang tersedia di satu fakultas dapat digunakan untuk seluruh mahasiswa. “Jadi satu mesin fingerprint itu gabungan dari beberapa kelas,” kata Prof. Budi.

Untuk calon mahasiswa baru jalur SNMPTN yang sudah melakukan registrasi administrasi, Prof. Budi mengatakan, pihaknya akan memanggil kembali seluruh calon mahasiswa tersebut untuk dilakukan pendaftaran sidik jari pada mesin fingerprint. Proses pendaftaran akan dilakukan pada 19 Agustus mendatang.

Setelah semua teregistrasi, maka kamu mahasiswa baru Unpad akan menjalani perkuliahan menggunakan alat fingerprint. Bye titip tanda tangan untuk presensi di kelas!

Sebagai informasi, setiap mata perkuliahan biasanya mewajibkan mahasiswanya hadir sebanyak 75% dari total masuk kelas. Kalau kamu masuk perkuliahan kurang dari 75%, maka nilaimu tak akan keluar lho!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait