1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Prodi Ilmu Kelautan Unhas Raih Akreditasi Internasional

Kategori

Prodi Ilmu Kelautan Unhas Raih Akreditasi Internasional

Prodi Ilmu Kelautan Unhas Raih Akreditasi Internasional

Rating: 1 - out of 5stars
08 Desember 2017 0 Komentar
Penulis:

Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas) akhirnya meraih akreditasi internasional. Akreditasi ini diberikan oleh ASEAN University Network (AUN). Prodi yang berada pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas ini dinyatakan memenuhi standar dan kriteria AUN Quality Assurance (AUN-QA) tahun 2017.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman menjelaskan, ASEAN University Network (AUN) baru saja mengumumkan hasil asesmen kualitas terhadap Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin.

“Dengan demikian, untuk tahun 2017 ini Universitas Hasanuddin telah membukukan tambahan tiga program studi baru yang terakreditasi internasional, setelah sebelumnya pada bulan September lalu Prodi Ilmu Hubungan Internasional (FISIPOL) dan Prodi Teknik Geologi (Fakultas Teknik) memperoleh status yang sama,” ungkap dosen Hubungan Internasional, sebagaimana dilansir dari Makassar.Sindonews.com, Kamis (7/12/2017).

Baca: Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Jadi Satu-satunya Yang Terakreditasi A Di NTB

Dengan penambahan hasil akreditasi internasional dari prodi Ilmu Kelautan ini maka total ada 7 (tujuh) Program Studi yang diakui dengan standar internasional. Tiga prodi yakni Program Studi Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, dan Kesehatan Masyarakat, yang mana telah lebih dulu mendapat akreditasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)
Sedangkan Magister Manajemen mendapat akreditasi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a.21st century organization (ABEST21).

“Tahun ini kita sudah mengantongi empat prodi dengan akreditasi internasional, tiga sudah divisitasi, empat prodi diajukan divisitasi bulan Januari 2018,” jelas Ishaq.

Tiga program studi yang sudah divisitasi, yakni Ilmu Hubungan Internasional, Teknik Geologi, dan Ilmu Kelautan. Tiga prodi ini divisitasi oleh ASEAN University Network- Quality Assurance (AUN-QA).

Lebih lanjut ia menjelaskan jika saat ini, Universitas Hasanuddin sedang mempersiapkan lagi tiga program studi yang telah memperoleh persetujuan dari Sekretariat AUN-QA untuk penilaian standarisasi kualitas pada Batch-3, yaitu: Ilmu Hukum, Ilmu Kimia, dan Prodi Kehutanan.

“Menurut rencana, Sekretariat dan para asesor AUN-QA akan melakukan visitas dan asesmen lapangan di prodi-prodi tersebut pada awal tahun 2018 mendatang,” jelasnya.

Diketahui, ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) merupakan suatu metode standarisasi kualitas proses pembelajaran di perguruan tinggi yang didesain oleh jaringan perguruan tinggi Asia Tenggara. Asesmen ini diinisiasi pada tahun 1998.

Baca: Universitas Pertamina Raih Akreditasi CLIP Pertama di Asia

Kementerian Ristek Dikti mengadopsi standarisasi AUN-QA sebagai salah satu indikator internasionalisasi perguraun tinggi dan program studi di Indonesia.

“Selain terus mempersiapkan akreditasi prodi, Universitas Hasanuddin juga merencanakan untuk naik ke level yang lebih tinggi, yaitu pemenuhan standar AUN-QA pada level institusi,” pungkasnya.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait