1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Rayakan Dies Natalis Ke-59, UMS Suguhkan Pagelaran Wayang Kulit

Kategori

Rayakan Dies Natalis Ke-59, UMS Suguhkan Pagelaran Wayang Kulit

Rayakan Dies Natalis Ke-59, UMS Suguhkan Pagelaran Wayang Kulit

Rating: 1 - out of 5stars
12 Desember 2017 0 Komentar
Penulis:

Dalam rangka perayaan Dies Natalis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Ke-59, UMS suguhkan pagelaran wayang kulit bagi masyarakat umum. Kesenian ini dipersembahkan UMS semalam suntuk. Adapun tema wayang kulit ini yakni “Semar Mbangun Kayangan” dengan dalang Ki Bayu Aji dan Ki Anom Suroto, serta diiringi oleh bintang tamu Gareng dan Cak Diqin, Sabtu, 9 Desember 2017.

Tak hanya pagelaran wayang, UMS juga menampilkan pertunjukkan teater yang menceritakan tentang “Berdirinya UMS”. Pertunjukkan teater yang disutradari langsung oleh Uud Iswahyudi dapat berjalan dengan sukses atas kerjasama dari Unit Seni dan Film (USF) UMS, Sanggar Seni Kemasan Solo, Politama Surakarta, Unisri Surakarta, serta ISI Surakarta.

Tujuan dari penyelenggaraan teater sendiri adalah untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai sejarah dari para pendahulu UMS. Sehingga nantinya masyarakat serta civitas akademika di lingkungan UMS dapat mengetahui gambaran tentang perjuangan para pendahulu dalam membangun hingga dapat menjadi seperti sekarang.

Baca: Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad, Ini Pesan-pesan Beliau!

Sebelum pagelaran wayang ini dimulai, Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor UMS menjelaskan bahwa untuk mencapai prestasi yang diperoleh UMS sekarang ini, memerlukan proses dan perjuangan yang cukup panjang.

UMS untuk bisa maju seperti sekarang ini bukanlah secara tiba-tiba. Banyak sekali proses dan perjuangan yang harus kami hadapi untuk dapat mencapai kemajuan seperti ini,” ungkapnya dalam sambutan yang dibawakannya.

Pagelaran wayang yang diselenggarakan di halaman depan Gedung Olah Raga (GOR) Kampus 2 UMS ini terlihat cukup menarik perhatian masyarakat umum. Hal tersebut terbukti ketika pagelaran wayang dimulai, seluruh masyarakat yang hadir sangat antusias dalam menikmati hiburan yang diberikan. Bahkan sekitar panggung pagelaran terlihat sangat penuh.

Selain terlihat dari jumlah masyarakat umum yang memadati sekitaran panggung, kemeriahan dari pagelaran wayang tersebut juga terlihat ketika wayang limbukan Ki Anom Suroto yang berkolaborasi dengan Gareng dan Cak Diqin dimulai. Pada saat wayang limbukan ini, Gareng dan Cak Diqin mempertunjukkan candaan mereka yang membuat penonton tergelitik dan terhibur saat melihatnya. Bahkan hampir di setiap candaan yang dibawakan oleh mereka dapat membuat penonton selalu tertawa.

Baca: Festival Permainan Tradisional ITS Raih Rekor MURI

Pagelaran wayang semalam suntuk ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat umum dan civitas akademika UMS saja. Namun dihadiri pula Drs. H. Subari selaku Wakil Ketua I Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta, Drs. H. Juliyatmono selaku Bupati Karanganyar, serta Purwadi, MM. selaku wakil Bupati Sukoharjo.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait