1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tahun Ini, Ada Materi Bela Negara Dalam Ospek Unhas

Kategori

Tahun Ini, Ada Materi Bela Negara Dalam Ospek Unhas

Tahun Ini, Ada Materi Bela Negara Dalam Ospek Unhas

Rating: 1 - out of 5stars
02 Agustus 2017 0 Komentar
Penulis:

Tidak lama lagi, calon mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018 Universitas Hasanuddin (Unhas) akan memasuki gerbang perkuliahan. Namun, sebelum kuliah berlangsung akan terlebih dahulu diadakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) kepada ribuan mahasiswa baru yang diterima melalui berbagai jalur masuk. Rencananya, beberapa pekan ke depan orientasi ini akan diselenggarakan.

Ada yang menarik dari ospek yang digelar tahun ini karena Unhas menyatakan siap memasukkan materi bela negara dalam kegiatan. Hal ini dibenarkan langsung oleh Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Profesor Dwia Aries Tina Pulubuhu. Materi ini diberikan sebagai bekal para mahasiswa baru dalam menyikapi permasalahan yang saat ini dihadapi tanah air.

Baca: Bentuk Karakter Mahasiswa, Universitas Trilogi Berikan Makul Citra Diri

“Kita harus menyikapi (materi bela negara) ini untuk siaga bersama. Tapi sekarang itu bukan Ospek lagi tapi pembinaan namanya,” ucap Dwia sebagaimana dilansir dari Tempo.

Adapun yang dilakukannya, ucap dia, dengan mengundang narasumber yang betul-betul memahami Pancasila dan bisa memaparkan fenomena yang riil. Misalnya materi soal anti-Pancasila dibawakan Pangdam XIV Hasanuddin, lalu terorisme diundang BNPT Sulawesi Selatan dan kerukunan umat beragama pematerinya Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

“Termasuk organisasi atau UKM kita programkan pengembangan diri agar masuk pancasilais,” tutur Dwia.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta kepada seluruh rektor se-Indonesia agar memasukkan materi bela negara dalam kegiatan Ospek kepada mahasiswa agar tercipta perilaku cinta kepada Tanah Air.

Masuknya materi bela negara diharapkan bisa menjadi langkah strategis kepada mahasiswa termasuk di Universitas Hasanuddin agar tidak hanya memahami lingkungan kampus saja, melainkan juga mempunyai daya juang tinggi dan karakter kuat dalam menjaga NKRI.

Baca: Hindari Bullying, Tiga PTN Di Sulses Akan Gelar Ospek Tanpa Kegiatan Fisik

Sebagai tambahan, Menurut Kepala Biro Humas Unhas, Ishaq Rahman mengatakan bahwa pada penyambutan maba tahun ini, seluruh kegiatan akan dipusatkan di Kampus Unhas Tamalanrea tanpa ada kegiatan Maba di luar kampus.

“Karena setelah prosesi penyambutan Maba, akan ada kegiatan Basic Study Skill (BSS) yang kalau tidak salah akan dilaksanakan 5 hari. Itu kegiatan pengganti ‘Ospek’ dan lain – lain. Sudah tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan fisik. Sekarang lebih ditekankan pada pengayaan Intelektual Maba,” tutur Ishaq Rahman.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait