1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tahun Ini, Siswa Dapat Mencetak Sendiri Hasil Ujian Nasional

Kategori

Tahun Ini, Siswa Dapat Mencetak Sendiri Hasil Ujian Nasional

Tahun Ini, Siswa Dapat Mencetak Sendiri Hasil Ujian Nasional

Rating: 1 - out of 5stars
26 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Beberapa saat lagi, Ujian Nasional 2018 akan segera berlangsung. Sebagaimana diinformasikan bahwa Ujian Nasional siap digelar bulan April mendatang. Lalu, sejauh mana persiapanmu menghadapi Ujian Nasional ini?.

Selain mempersiapkan materi, mental dan kesehatan yang cukup, kamu juga perlu memperhatikan apa keistimewaan Ujian Nasional tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Berikut Ayokuliah.id sampaikan apa yang membuat Ujian Nasional tahun ini lebih istimewa.


Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbdud), sistem dan mata pelajaran yang diujikan sama saja dengan tahun sebelumnya.

Baca: Jadwal Penting Pelaksanaan SBMPTN 2018!

“Secara umum, tidak ada perbedaan dibandingkan tahun lalu, mata pelajarannya juga tetap,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Totok Suprayitno di Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Namun, kata Totok, ada dua hal yang baru dalam UN 2018 dibanding UN tahun lalu. Pertama, ada 10 persen soal UN Matematika berbentuk dalam bentuk isian tahun ini. Totok menjelaskan isian berbeda dengan esai. Isian hanya berisi jawabannya saja, sementara esai berisi mengenai penjabaran beserta jawaban.

Kedua, mulai tahun 2018 ini, siswa bisa mencetak hasil UN secara mandiri.

“Mulai tahun ini, siswa bisa mencetak hasil UN mereka secara mandiri. Kami akan siapkan laman dan ‘login’ khusus. Hanya siswa yang bersangkutan yang bisa mengaksesnya,” ujarnya.

Menurut dia, semua peserta UN, baik yang Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) maupun yang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), bisa mencetak hasil UN-nya secara mandiri.

“Jadi nanti tidak ada lagi tanda tangan basah. Asal tahu ‘login’-nya, bisa mencetak hasil UN secara mandiri,” katanya.

Baca: Pilih Tes SBMPTN PBT atau CBT?

Kamu diharapkan dapat mencatat dan mengingat-ingat akses login pribadi, agar dapat dengan mudah mengetahui hasil Ujian Nasional.

UN untuk tingkat SMK akan diselenggarakan pada 2 April hingga 5 April, kemudian SMA/MA pada 9 hingga 12 April dan UN susulan SMK/SMA/MA pada 17 April hingga 18 April.

Sementara untuk SMP/MTs, UN akan diselenggarakan pada 23 hingga 26 April dan UN susulan untuk SMP/MTs pada 8 hingga 9 Mei.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait