1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tak Bisa Ikut SNMPTN? Masih ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Kategori

Tak Bisa Ikut SNMPTN? Masih ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Tak Bisa Ikut SNMPTN? Masih ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Rating: 1 - out of 5stars
03 Maret 2016 0 Komentar
Penulis:

Pendaftaran SNMPTN 2016 resmi dibuka per tanggal 26 Februari lalu. Para pelamar jalur masuk ini dapat melakukan pendaftaran via online, di situs resmi https://web.snmptn.ac.id/. Pelamar dapat mengakses portal resmi SNMPTN, setelah pihak sekolah terdaftar di sistim PDSS 2016. Pada tahap PDSS, sekolah akan melakukan input data nilai rapor siswa beserta data diri siswa. Sehingga nama siswa yang telah dimasukkan oleh sekolah dapat mengikuti tahap SNMPTN selanjutnya.

Lalu bagaimana jika sekolah tak terdaftar di sistim PDSS?


Sekolah yang tak terdaftar di sistim PDSS tidak dapat melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN selanjutnya. Tapi tenang, kamu masih dapat mengikuti jalur pendaftaran lain, yaitu SBMPTN dan ujian mandiri yang akan diselenggarakan setelah tahap SNMPTN dilaksanakan.

Baca juga: Terindikasi ‘Sakit’, Sebanyak 103 Kampus Ditutup

Sebagai informasi, pada kenyataannya terdapat sekitar 5.810 sekolah dari 23.388 sekolah menengah tak mengikutsertakan siswa siswinya pada jalur SNMPTN 2016. Hal ini dikarenakan ribuan sekolah tersebut tidak mengisikan data sekolah, juga data siswa pada masa pendaftaran PDSS hingga masa pendaftaran berakhir. Alhasil siswa siswi tak dapat melanjutkan proses pendaftaran yang telah dibuka pada tanggal 29 Februari lalu.

Saat ini, sebanyak 17.578 sekolah telah terdaftar di PDSS. Di antaranya adalah 8.798 SMA, 3.071 MA dan 5.709 SMK. Bagaimana dengan sekolahmu? Telah terdaftar atau belum terdaftar?

Tak perlu bimbang, kamu masih bisa mengikuti jalur SBMPTN yang akan dibuka mulai tanggal 25 April 2016. Di SBMPTN kamu dapat memilih dua jalur tes, yakni tes tertulis (Paper Based Testing/PBT) dan tes menggunakan komputer (Computer Based Testing/CBT). Namun, untuk mengikutinya kamu dikenakan biaya pendaftaran dan biaya tes sebesar Rp 200.000, yang harus dibayarkan melalui bank BNI atau Bank Mandiri. Jadwal lengkap SBMPTN bisa dilihat di sini.

Selain SBMPTN, kamu juga bisa mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan di perguruan tinggi masing-masing. Soal jadwal, nantinya pihak kampus yang akan memberitahukan ketepatan pelaksanaan ujian mandiri. Juga tentang berapa besar biaya pendaftaran, bisa dikonfirmasikan ke situs pendaftaran masing-masing kampus via AyoKuliah.id.

Baca juga: Biaya Kuliah di UI Mulai 0 Rupiah?

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait