1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tiga Sekolah Masuk Daftar Hitam Pada SNMPTN IPB 2018

Kategori

Tiga Sekolah Masuk Daftar Hitam Pada SNMPTN IPB 2018

Tiga Sekolah Masuk Daftar Hitam Pada SNMPTN IPB 2018

Rating: 1 - out of 5stars
21 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Setidaknya ada tiga sekolah yang masuk dalam daftar hitam/blacklist pendaftaran siswa pada SNMPTN di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ketiga sekolah yang namanya masih dirahasiakan ini terbukti melakukan kecurangan dalam mengisi nilai pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017 lalu. Hal itu dilakukan sebagai bentuk ketegasan IPB dalam menindak segala bentuk praktik kecurangan dalam penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN.

“Tidak banyak jumlahnya, tidak lebih dari tiga sekolah yang kami penalti pada SNMPTN 2018. Ya karena ketiganya terbukti secara sengaja melakukan kecurangan dalam pengisian nilai pada SNMPTN tahun lalu,” ungkap Direktur Administrasi Pendidikan IPB Drajat Martianto, Kamis (25/1) sebagaimana dilansir dari Republika.co.id.

Meski begitu, Drajat enggan menyebut sekolah mana saja yang masuk daftar hitam dalam SNMPTN tahun ini. Sebenarnya, dia menambahkan, selama ini cukup banyak sekolah yang melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Namun jika hal tersebut bukanlah kesalahan yang disengaja maka pihak IPB tidak akan memberi sanksi.

Baca: IPB Tambah Jalur PMB 2018: Jalur Ketua OSIS/Jalur Talenta Kepemimpinan

Dia mengumpamakan, ketika panitia SNMPTN IPB menyeleksi, kerap ditemukan nilai-nilai yang tidak sinkron antara nilai yang tertera dalam PDSS dan nilai yang ada dalam berkas fisik. Kesalahannya beragam, ada yang terletak ketika verifikasi, atau bahkan penginputan data oleh guru.

“Jadi banyak kami temukan kasus nilai yang tidak sinkron. Setelah kami telusuri, itu ternyata salah gurunya pas memasukkan data nilai siswa. Kasus seperti ini banyak, tapi ini tidak masalah, beda dengan yang disengaja,” tegas dia.

Karena itu, dia mengimbau, agar siswa benar-benar teguh pendirian ketika hendak mendaftarkan diri kuliah di IPB. Sebab jika nanti dia diterima di IPB, dan malah tidak melakukan daftar ulang maka pihak IPB akan melakukan akan mengurangi kuota bahkan memberikan penalti ke sekolah tersebut.

“Jika dia tidak daftar ulang karena pilih universitas lain, tapi sebenarnya keterima di IPB, itu artinya dia mempermainkan dan tidak serius, dia juga menghambat siswa lain yang sebenarnya ingin masuk ke IPB,” tegas dia.

Baca: Bagaimana Cara Pendaftaran Online Bidikmisi 2018?

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait