1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tingkatkan Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi, Tiga Negara Gelar TURM Ke-4

Kategori

Tingkatkan Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi, Tiga Negara Gelar TURM Ke-4

Tingkatkan Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi, Tiga Negara Gelar TURM Ke-4

Rating: 1 - out of 5stars
11 Juli 2017 0 Komentar
Penulis:

The Trilateral University Roundtable Meeting (TURM) ke-4 merupakan salah satu forum dialog dan pertemuan tahunan, yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan jalinan kerja sama antar perguruan tinggi dari tiga negara. Ketiganya yakni Indonesia (Kawasan Timur Indonesia), Australia (Northern Territory Region) dan Timor Leste.

Tahun ini, kampus Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan TURM ke-4 di Unhas Tamalanrea Makassar, Sulawesi Selatan, pada 10-12 Juli 2017.

Baca: Unhas Jadi Tuan Rumah Rakor PTN-BH se-Indonesia

Dilansir dari antaranews, Kepala Unit Humas dan Protokol Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman di Makassar mengatakan jika untuk acara pembuka dan sesi panel akan dilaksanakan hari ini, Selasa, 11 Juli 2017.

“Untuk acara pembukaan dan sesi panel kegiatan yang berlangsung di Ruang Senat, Lt 2 Gedung Rektorat Unhas hari Selasa ini siap diadakan pukul 09.00 – 12.30 WIT,” katanya.

TURM pertama kali diinisiasi pada 2013 oleh para pemimpin dari ketiga negara dan beberapa pimpinan perguruan tinggi yang berasal dari ketiga negara tersebut.

Setiap tahun, TURM menyelenggarakan pertemuan untuk memperkuat pusat keunggulan (Center of Excellence) masing-masing perguruan tinggi dalam kerangka kolaborasi dan kerja sama.

Pertemuan TURM ke-4 di Universitas Hasanuddin Makassar akan dihadiri oleh lebih dari 30 peserta yang berasal dari perguruan tinggi di Australia, Indonesia, dan Timor Leste. Pertemuan tahun ini juga digagas untuk meningkatkan level kerja sama, dari forum dialog menjadi suatu konsorsium yang lebih kokoh.

Lebih lanjut Ishaq menambahkan untuk seminar dan sesi panel, para pemimpin universitas yang akan membawakan presentasi dalam sesi panel TURM ke-4 adalah Universitas Hasanuddin. Adapun tema sentral yang akan disampaikan oleh Rektor Professor Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, tentang Ilmu Kelautan dan Perikanan Marine Science and Fisheries.

Selanjutnya Charles Darwin University, Australia, dengan tema sentral tentang Lingkungan Hidup (Environment), akan dibawakan oleh Prof Vice-Chancellor (Wakil Rektor) Professor Sue Carthew.

Universitas Nusa Cendana, dengan tema sentral tentang Pertanian Lahan Kering dan Lingkungan Hidup (Dryland Agriculture and Environment), akan dibawakan oleh Rektor Professor Fredrik L. Benu.

Baca: Gagal SBMPTN? UNHAS Masih Buka Jalur Mandiri Dengan Daya Tampung 1.557 Orang

Serta Universitas Sam Ratulangi, dengan tema sentral tentang Perubahan Iklim dan Ketahanan (Climate Change and Resilience), akan dibawakan oleh Rektor Prof. Sunarpi.

Universitas Udayana, dengan tema sentral tentang (a) Ilmu Kesehatan dan Kedokteran (Health and Medical Science); dan (b) Pariwisata dan Budaya (Tourism and Culture), akan dibawakan oleh Rektor Professor Dr. Ketut Suastika hingga Rektor Universitas Gadjah Mada, Professor Panut Mulyono dengan tema sentral tentang Manajemen Bencana dan Ketahanan (Disaster Management and Resilience).

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait