1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Pakar UGM Bagi Tips Sehat Selama Pandemi COVID-19

Kategori

Pakar UGM Bagi Tips Sehat Selama Pandemi COVID-19

Pakar UGM Bagi Tips Sehat Selama Pandemi COVID-19

Rating: 1 - out of 5stars
07 April 2020 0 Komentar
Penulis:

Vaksin COVID-19 belum selesai diuji coba. Oleh karena itu, satu-satunya dinding pertahanan diri yang bisa manusia andalkan adalah daya tahan tubuh atau imun. Mengingat pentingnya daya tahan tubuh, kita pun disarankan untuk rutin berolahraga. Lantas, olahraga seperti apakah yang paling efektif untuk menjaga daya tahan tubuh? Kamu bisa mencoba tips sehat selama pandemi COVID-19 dari pakar Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, nih!

Mengutip dari Dr dr H Zaenal Muttaqin Sofro AIFM, Pakar Kedokteran Olahraga UGM, kamu bisa mencoba dua jenis olahraga. Kedua jenis olahraga ini yaitu physical exercise yang baik untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan olahraga persarafan atau neural exercise

Untuk olahraga fisik, idealnya dapat dilakukan selama 30-40 menit dalam rentang tiga sampai lima kali dalam seminggu. Selama melakukan olahraga fisik, pastikan kamu mematuhi FITT (Frequency, Intensity, Time, Type) atau frekuensi, intensitas, waktu, dan tipe olahraga. Untuk jenis olahraganya, kamu bisa memilih berenang, senam, jogging, bersepeda statis, dan jalan cepat. Silakan pilih olahraga yang paling kamu sukai. 

Baca: Alasan Dibalik Pergantian Nama Fakultas Kedokteran UGM

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat melakukan olahraga fisik. Kamu juga harus memastikan asupan air terpenuhi, caranya dengan minum 30 menit sebelum dan sesudah olahraga. Namun, pastikan kamu tidak olahraga fisik berlebihan (over training) yang dapat mengganggu kesehatan. 

Pentingnya Olahraga Persarafan Selama Pandemi COVID-19

Tak kalah penting, kamu juga bisa melakukan olahraga persarafan, lho. Olahraga yang bagus untuk menekan risiko stres dan meningkatkan kesehatan ini bisa kamu lakukan saat stay at home. Caranya, kamu harus melakukan tiga langkah yaitu pernafasan (yoga dan senam tera), vokalisasi (membaca Al-Quran atau bersenandung), dan postur (gerakan salat dan senam taichi). 

Baca: Biaya Kuliah Bukan Lagi Kendala, Inilah Daftar Beasiswa S1 2020

Dengan menjalankan dua tipe olahraga di atas, kamu bisa sehat dan bugar setiap saat, nih! Terpenting, kamu harus memahami bahwa olahraga itu tak melulu berkaitan dengan aktivitas fisik. Kamu juga bisa melakukan olahraga persarafan yang baik untuk kesehatan saat tidak tidak bisa ke luar rumah. Jika terpaksa olahraga ke luar, selalu pakai masker dan jaga jarak aman ya! 

 

Sumber: ugm.ac.id

Image: laurajuarez dari Pixabay

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait