1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UB Juarai Ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017

Kategori

UB Juarai Ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017

UB Juarai Ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017

Rating: 1 - out of 5stars
22 Desember 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Brawijaya kembali menunjukan eksistensinya di dunia pendidikan, dengan diraihnya peringkat I di ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017 untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Sedangkan penganugerahan gelar diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12).

Pada proses pemeringkatan tersebut, KIP melakukan seleksi kelayakan terhadap PTN yang ada di negeri ini. Dari keseluruhan PTN, hanya 10 PTN yang lolos untuk dilakukan penilaian lanjutan sekaligus visitasi lapangan. Kesepuluh PTN tersebut lalu dilakukan pemeringkatan untuk menentukan kampus mana yang terbaik dalam hal pengelolaan informasi publik.

Sebagai informasi, sebelumnya UB pernah meraih prestasi yang sama di tahun 2015. Namun di tahun 2016, UB mengalami penurunan ke Peringkat II. Kemudian pada 2017 ini, UB berhasil bangkit dan mengungguli kampus-kampus besar di tanah air, seperti Universitas Indonesia (Peringkat II), Institut Pertanian Bogor (Peringkat III), dan Universitas Negeri Malang (Peringkat IV).

Baca: UB Jadi Juara Umum PIMNAS XXIX

Wakil Rektor bidang Akademik UB, Prof Dr Ir Kusmartono yang hadir di Istana Wapres mewakili Rektor menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Menurut Warek, prestasi ini menunjukkan komitmen UB dalam rangka melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam hal pelayanan dan pengelolaan informasi publik. “Kami tentu sangat bersyukur atas raihan ini. Meski kami sempat turun peringkat tahun lalu, tahun ini kami membuktikan bahwa UB tetap berkomitmen kuat dalam hal pelayanan publik, terutama di bidang informasi publik,” ujar Kusmartono.

Sementara itu, Ketua Pusat Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan (PIDK) UB, Dr Tjahjanulin Domai MS yang mendampingi Warek dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa prestasi ini cukup di luar dugaan. Menurut Tjahjanulin, dalam setahun belakangan ini kampus-kampus pesaing UB menunjukkan perkembangan yang amat pesat, seperti UI dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Namun ternyata UB tetap mampu mengungguli kampus-kampus itu. “Ini bukan semata kerja keras PIDK UB, tetapi juga berkat dukungan yang besar dari Rektor dan jajarannya, serta berbagai pihak yang tak dapat kami sebutkan satu persatu,” ujar pria yang setiap tahun mengawal persiapan pemeringkatan ini di UB sejak 2010.

Baca: 14 Universitas Dan 10 Politeknik Terbaik Versi Kemenristekdikti

 

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait