1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UGM Dan UES Teken MOU Pembelajaran Bahasa Arab Online

Kategori

UGM Dan UES Teken MOU Pembelajaran Bahasa Arab Online

UGM Dan UES Teken MOU Pembelajaran Bahasa Arab Online

Rating: 1 - out of 5stars
09 Oktober 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Elektronik Saudi (UES) teken MOU pembelajaran bahasa arab online. Penandatanganan MOU ini berlangsung di Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Negeri Malang, Jumat (30/9). Selain UGM, terdapat universitas, perguruan tinggi dan pondok pesantren Indonesia juga turut menandatangani perjanjian ini.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab secara online di Indonesia, khususnya di UGM. Di samping itu, dalam kerja sama tersebut juga disepakati program tes kemampuan bahasa Arab atau Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) yang bisa diakses secara gratis oleh sivitas akademika UGM.


Dilansir dari laman resmi UGM, Rektor Universitas Elektronik Saudi, Prof. Dr. Abdullah Bin Abdul Aziz, mengatakan kerja sama universitas yang dipimpinnya dengan berbagai universitas di Indonesia bertujuan untuk memudahkan orang-orang di luar penutur asli mampu berbahasa Arab dengan baik. Untuk itu, Universitas Elektronik Saudi memberikan kesempatan kepada universitas-universitas di Indonesia untuk melangsungkan proses pembelajaran jarak jauh, dengan pemanfaatan internet sehingga batasan ruang dan waktu tidak lagi menjadi kendala.

Prof Imam Asrori, Ketua Umum Ittihadu Mudarrisi al-Lugah al-‘Arabiyyah (IMLA), mengungkapkan kerja sama ini menjadi kegiatan penting dan besar. Kerja sama ini mencerminkan episode penting dalam sejarah pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.

Baca: PBA UMY Terapkan Pembelajaran Online

“Kerja sama yang baik ini memiliki peran sentral dalam penyebaran pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer,” ungkap Imam Asrori.

Kerja sama ini pun dapat meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia dalam berbagai aspek. Dengan kerja sama ini para mahasiswa UGM tentunya dapat mengikuti proses pembelajaran tidak hanya oleh dosen di kelas, melainkan juga oleh para native speaker dari Saudi secara online.

“Kerja sama ini juga memungkinkan mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan berkesempatan mengukur sampai level apa kemahiran berbahasa Arab mereka,” imbuh Imam Asrori.

Baca: UGM Gratiskan Biaya UKT Mahasiswa Asal NTB Dan Sulteng

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait