1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UGM Jadi Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2016

Kategori

UGM Jadi Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2016

UGM Jadi Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2016

Rating: 0.0 - out of 5stars
01 November 2016 0 Komentar
Penulis:

Tahun ini, Universitas Gadjah Mada ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE ) 2016. Kompetisi berbalut unsur kebudayaan dengan mengusung tema acara Memayu Hayuning Bawono. Gelaran pun memadukan unsur teknologi, pendidikan, dan kebudayaan.

KMHE 2016 digelar pada hari ini, Selasa, 1 November 2016. Selama empat hari kedepan, para kontestan yang berasal dari 38 universitas se-Indonesia akan berkompetisi menampilkan yang terbaik. Kompetisi digelar di Candi Prambanan dan dilaksanakan selama 1 – 4 November 2016.

Ini Dia Mobil Listrik Karya Mahasiswa!

 

 

Sebanyak 60 mobil hemat energi dari universitas se-Indonesia akan menunjukkan siapa mobil prototipe-nya yang paling hemat bahan bakar, bukan yang tercepat ya! Karena kompetisi ini menjadi ajang untuk mengasah kreativitas dan inovasi para mahasiswa dalam membangun kendaraan yang hemat energi serta ramah lingkungan. Adapun kategori yang diperebutkan yakni kategori prototype serta urban, dan 4 kategori bahan bakar, yaitu gasoline, diesel, listrik, serta etanol.

Pada hari pertama kontes digelar, akan ada opening ceremony yang diikuti lomba dan serangkaian acara menarik hingga menuju closing ceremony pada 4 November 2016.

Selain itu, akan ada banyak atraksi menarik seperti scrutinering dan trial run dimana pengujian konsumsi bahan bakar diuji. Lalu, akan banyak pertunjukkan hiburan sebagai pendukung kontes.

Dilansir dari laman UGM, kompetisi ini menjadi salah satu wadah yang penting bagi riset dan pengembangan teknologi di bidang kendaraan hemat energi. Sektor transportasi memang berkontribusi penting terhadap konsumsi energi di Indonesia, sehingga riset dan teknologi pada bidang kendaraan hemat energi, termasuk oleh para mahasiswa sebagai insan akademik, akan sangat bermanfaat bagi upaya efisiensi energi.

Wow, Mahasiswa UI Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar!

 

 

Sebagai tuan rumah KMHE 2016, UGM akan mengirimkan tiga mobil untuk berlaga dalam ajang ini. Ketiga mobil ini adalah rancangan dari Tim SEMAR UGM. Setelah melewati serangkaian pengembangan dan uji coba, tim yang menggunakan nama salah satu tokoh wayang ini pun siap berlaga dalam KMHE 2016 dengan target merebut juara umum.

“Pada KMHE 2016, Tim Semar berpartisipasi dalam tiga kategori berbeda. Pertama, yakni pada kategori urban concept melalui mobil SEMAR Urban Gasoline yang berkonsep city car empat roda dan berbahan bakar bensin. Kemudian, pada kategori prototype, UGM diwakili oleh SEMAR Proto Diesel yang berbahan bakar diesel,” ujar Laksatya Wirawan, selaku chief engineer dari Tim SEMAR.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait