1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UI Kenalkan Produk Kecantikan “Belimbing Island”

Kategori

UI Kenalkan Produk Kecantikan “Belimbing Island”

UI Kenalkan Produk Kecantikan “Belimbing Island”

Rating: 1 - out of 5stars
20 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Indonesia terus mengembangkan riset terkait dengan kekayaan alam di tanah air. Riset terbaru datang dari peneliti UI, dimana beliau meneliti terkait formula ekstrasi yang ada pada buah belimbing. Melalui riset tersebut, UI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok juga perusahaan swasta untuk memproduksi produk kecantikan.

UI dan perusahaan tersebut meluncurkan produk kecantikan dengan merek dagang “Belimbing Island”. Peluncuran tersebut berlangsung pada Selasa (18/10/2016), di Aula Terapung Perpustakaan UI Depok.

Baca Juga : Ini Dia Mobil Listrik Karya Mahasiswa!

Peluncuran dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. rer. nat Rosari Saleh, Herman Hidayat (Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial), dan perwakilan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Disebutkan bahwa “Belimbing Island” merupakan sebuah merek dagang untuk produk-produk personal care bagi wanita, seperti serum wajah, pencuci rambut, lulur, pelembab, dan sabun.

Semua produk kecantikan tersebut dibuat dengan menggunakan formula ekstrasi buah belimbing hasil riset peneliti UI, Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt.

Dilansir dari laman UI, “Saya memulai penelitian formulasi ekstrasi belimbing ini pada tahun 2012. Belimbing baik untuk produk-produk kecantikan karena banyak mengandung antioksidan dan vitamin C,” jelas Dekan Farmasi UI ini.

Belimbing yang digunakan sebagai bahan dasar dalam produk-produk Belimbing Island adalah jenis Belimbing Dewa/Dewi (Averrhoa carambola L).

Belimbing khas Depok ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan belimbing lainnya, yaitu ukurannya yang besar, rasanya yang manis, dan tidak mudah busuk.

Baca Juga : Mau Lihat Hasil Karya Mahasiswa UGM? Kesini Yuk!

Diharapkan, kedepannya para petani belimbing di Depok juga dapat terbantu dengan adanya produk Belimbing Island ini.

“Setiap satu produk, sekitar 2,5% dari harga jualnya akan disumbangkan kepada Pemerintah Kota Depok untuk mengembangkan para petani Belimbing di Depok,” ujar Herman Hidayat.

Nantinya pengembangan dan pemasaran dilaksanakan melalui strategi organic marketing. Adapun langkah yang akan diterapkan yakni pengutamaan penjualan melalui jaringan ibu-ibu PKK Kota Depok, reseller mahasiswa UI, serta penjualan melalui media online.

Rencana kedepannya, Belimbing Island akan melakukan diversifikasi produk, sehingga rentang jenis produk dapat tersedia bagi semua kalangan ekonomi.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait