1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UMI Makassar Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA Tingkat Wilayah IV

Kategori

UMI Makassar Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA Tingkat Wilayah IV

UMI Makassar Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA Tingkat Wilayah IV

Rating: 0.0 - out of 5stars
23 Maret 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Kopertis IX tingkat Wilayah IV. Kompetisi ini akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal (21-22/3/2018). Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMI, Prof Achmad Gani mengungkapkan, dalam menyambut kompetisi ini, pihaknya melakukan segala persiapan selama dua bulan.

Olimpiade ini merupakan agenda tahunan Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Ia pun mengharapkan, agar tahun ini, UMI kembali bisa lolos ke tahap empat besar, seperti prestasi mahasiswa UMI yang diraih sebelumnya.

Baca : Keterbatasan Fisik Tak Menghalangi Mahasiswa UGM ini Berprestasi

“Mulai dari penyeleksian di tingkat fakultas dan universitas. Disamping itu, kita juga lakukan pembimbingan dengan melibatkan ahli di tiap bidangnya, Jadi program ini adalah program tahunan dan untuk Kopertis IX Wilayah Sulawesi, UMI ditunjuk sebagai tuan rumah” kata Gani saat ditemui awak media, Rabu (21/3/2018).

Sementara itu, perwakilan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, Dr Misbah Fikrianto mengatakan, Olimpiade ini di ikuti ratusan mahasiswa dari berbagai kampus seSulawesi. Diantaranya adalah dari Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, bidang yang paling banyak diikuti oleh mahasiswa yakni Matematika 150 peserta dan Biologi 161 peserta.

Baca : Lulus SMA Lanjut Kuliah? Ketahui Dulu Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia Ini

Misbah menambahkan tujuan utama digelarnya olimpiade ini adalah bertujuan sebagai ajang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa dimasa yang akan datang. Kegiatan yang mulai dirintis pada tahun 2009 dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi bertujuan mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa.

“Nantinya, bagi peserta yang lolos akan masuk ke tingkat nasional. Total jumlah keseluruhan peserta ada berkiasr 256 mahasiswa. Tapi tetap masing-masing bidang studi ada juaranya. Pelaksanaannya akan dilakukan di bulan Mei, setelah hari Pendidikan Nasional,” tutup Misbah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait