1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNAIR Buka Tiga Prodi Baru di PSDKU Banyuwangi, Apa Saja?

Kategori

UNAIR Buka Tiga Prodi Baru di PSDKU Banyuwangi, Apa Saja?

UNAIR Buka Tiga Prodi Baru di PSDKU Banyuwangi, Apa Saja?

Rating: 1 - out of 5stars
29 Mei 2017 0 Komentar
Penulis:

Sebagai wujud komitmen untuk mencerdaskan penerus bangsa, Universitas Airlangga siap menambah tiga prodi baru di luar kampus utama – Banyuwangi. Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Banyuwangi akan mulai membuka tiga prodi baru yakni Kimia, Ilmu Biologi, dan Vokasional Radiologi. Ketiga prodi baru ini untuk menunjang keberadaan Fakultas Kedokteran yang ditargetkan berdiri pada tahun 2020 mendatang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ketiga program studi yang masuk jurusan MIPA ini dibuka tahun ini, di tahun pelajaran 2017-2018. Anas mengungkapkan Menristekdikti memiliki komitmen luar biasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara lebih merata, termasuk di daerah yang jauh dari kota besar, seperti Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: Manfaatkan Nilai SBMPTN Untuk Daftar PSDKU Pangandaran Unpad

“Alhamdulillah, kita baru saja bertemu Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof M Nasir dan Rektor Unair Prof M Nasih di Kantor Kementerian Ristek dan Dikti. Kami membahas pengembangan pendidikan tinggi di Banyuwangi. Pak Menteri sangat mendukung. Beliau punya komitmen luar biasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara lebih merata, termasuk di daerah yang jauh dari kota besar seperti Banyuwangi,” ujar Anas, Senin (29/5/2017).

Sebagai informasi, PSDKU Unair di Banyuwangi ini sebelumnya sudah memiliki empat prodi yakni Akuntansi, Budidaya Perairan, Kesehatan Masyarakat, dan Kedokteran Hewan. Dilihat dari jumlah mahasiswa yang sudah sah menjadi penghuni kampus ini berjumlah 741 mahasiswa yang datang dari 18 provinsi di seluruh Indonesia. Kampus ini mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru sejak 2014, dan hingga kini sudah memiliki dosen-dosen tetap dengan klasifikasi master, doktor, dan sejumlah profesor juga mengajar di sana. Anas menambahkan bahwa standar pendidikan yang berlangsung di Unair Banyuwangi itu sama persis dengan kampus pusat Unair di Surabaya.

Selain itu, imbuh Anas, juga akan ada rencana pembukaan jurusan teknik di kampus tersebut. Dalam pertemuan itu, juga disepakati pengembangan kampus PSDKU Unair di Banyuwangi sebagai konsekuensi dibukanya jurusan-jurusan baru dengan jumlah mahasiswa yang terus bertambah di masa yang akan datang.

Baca juga: Unair Kembangkan Temuan Obat Anti Malaria dari Tumbuhan

“Rencananya, yang teknik nanti akan diback-up Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang bekerja sama dengan Unair. Kami berharap Unair akan memulai pembangunan kampus baru mulai tahun depan. Saya berharap, kampus ini nantinya akan menjadi embrio bagi pendirian universitas negeri di Banyuwangi,” pungkas Anas.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait