1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Unissula Juarai Kontes Robot di Amerika

Kategori

Unissula Juarai Kontes Robot di Amerika

Unissula Juarai Kontes Robot di Amerika

Rating: 1 - out of 5stars
05 April 2016 0 Komentar
Penulis:

Baru-baru ini mahasiswa tanah air kembali menghebohkan dunia dengan prestasi yang membanggakan. Setelah Universitas Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. Kini giliran Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) menyusul prestasi mahasiswa Indonesia di mata dunia.

Unissula berhasil meraih gelar juara di ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest. Kontes robot kelas dunia bagi siswa sekolah dasar, sekolah menengah, mahasiswa juga masyarakat umum. Kontes diselenggarakan pada 2 – 3 April 2016 di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat.

Tim robotic Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) beranggotakan tiga mahasiswa yakni Faisal Aminuddin (ketua tim), La Ode Muhammad Idris dan Ahmad Zuhri. Ketiganya berhasil membuat empat robot untuk diujikan di Amerika. Empat robot tersebut diberi nama Khaum I dan Khaum II untuk berlaga di kategori robot pemadam api. Kemudian Sultan Agung I dan Sultan Agung II untuk kategori robot pemadam api berkaki.

Baca Wow, Mahasiswa UI Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar!

Keempat robot yang dibuat oleh tim robotic Unissula bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai Negara seperti Tiongkok, Israel, berbagai Negara di Amerika Serikat, dan adapula tim lain dari Indonesia. Berkat kerja keras juga ketekunan para perakit robot Unissula, pada akhirnya mereka dapat memenangkan berbagai juara. Diantaranya adalah, Khaum I dan Khaum II menduduki juara I dan II di kategori robot pemadam api kelas senior. Kemudian di kategori robot pemadam api berkaki, Sultan Agung I dan Sultan Agung II mendapat juara I dan II, juga mendapatkan penghargaan grand performance (robot dengan performa terbaik) serta best score pada level dua dan tiga.

Baca juga: Informasi Pendaftaran Universitas Indonesia

Dikutip dari situs resmi Unissula.ac.id “Perlombaan berlangsung selama dua hari dan dibagi ke dalam tiga level permainan. Dalam setiap level terdapat tantangan dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat dalam setiap level permainan. Pada level satu robot dari Israel sempat mendominasi dan pada dua level selanjutnya Khaum 1 dan Kahum II dari Unissula berhasil mendominasi dan selanjutnya berhasil meraih skor tertinggi yang mengantarkan keduanya meraih juara I dan II.”

Di ajang bertaraf internasional, Indonesia mengirimkan dua Universitas sebagai wakil Negara. Universitas yang dipilih berdaskarkan juara nasional Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tahun 2015, yang dimenangkan oleh Unissula sebagai pemenang kategori beroda dan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, untuk kategori berkaki.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait