1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Bangka Belitung Jalin Kerjasama dengan 2 Universitas di Jepang

Kategori

Universitas Bangka Belitung Jalin Kerjasama dengan 2 Universitas di Jepang

Universitas Bangka Belitung Jalin Kerjasama dengan 2 Universitas di Jepang

Rating: 0.0 - out of 5stars
23 Desember 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Bangka Belitung atau biasa disingkat UBB telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan 2 universitas di Jepang, yaitu Universitas Chiba dan Universitas Ryukyus. Penandatanganan kerjasama ini telah dilakukan akhir November 2016 lalu di Jepang.

Kerjasama UBB dengan Universitas Chiba dan Universitas Ryukyus ini terutama karena banyak hal. UBB tertarik untuk bekerjasama dengan Universitas Chiba karena di universitas ini ada program studi yang menarik seperti teknologi satelit dan radar, serta urban economy (ekonomi perkotaan).

Universitas Chiba sendiri juga sangat antusias untuk menjalin kerjasama dengan UBB terutama karena wilayah Bangka Belitung wilayah domisili UBB belum pernah mereka teliti sama sekali. Padahal universitas yang telah berdiri sejak tahun 1901 ini telah mengunjungi banyak sekali wilayah di Indonesia dan menjalin kerjasama rutin dengan beberapa universitas besar di Indonesia.

Baca juga: Kamu Mahasiswa Bahasa Jepang? Yuk Raih Beasiswa 1 Tahun di Jepang Ini!

Lain dengan Universitas Ryukyus yang terletak di Okinawa. Universitas yang terletak di paling barat kepulauan Jepang ini terkenal sebagai pusat penelitian terumbu karang di dunia. Tak heran karena lokasinya yang memang dekat dengan laut. Ini tentu mirip dengan Bangka Belitung yang juga wilayahnya tak dapat dipisahkan dari laut dan karang.

Selain itu alasan lain UBB memilih Universitas Ryukyus adalah karena universitas ini memiliki jurusan atau departemen yang memang telah menjadi incaran UBB. Universitas yang terletak di lingkungan Senbaru ini didirikan di bawah bimbingan Michigan State University. Di dalamnya mereka mendirikan departemen marine biotechnology, pertanian, coral reef.

Baca juga: Pendaftaran Orange Tulip Scholarship Ke Belanda Dibuka!

Lebih lanjut, UBB juga sudah menyiapkan beberapa dosennya untuk bisa magang dan melanjutkan studi ke jenjang doktoral. Mulai tahun depan para dosen ini sudah mulai studi di Jepang.

Dalam acara penandatanganan kerjasama kedua belah pihak, UBB yang langsung diwakili oleh rektornya Dr Ir Muh Yusuf MSi dan wakil rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc berkesempatan berkunjung ke Jepang dan bertemu langsung dengan professor-profesor di Universitas Chiba dan Universitas Ryukyus. Profesor-profesor dari kedua universitas di Jepang tersebut sangat antusias untuk bisa melakukan kunjungan maupun mengadakan penelitian bersama di Bangka Belitung.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait